Kajian Islam tentang Hati: Macam-macam Hati Menurut Al Quran

0
9862

Hati adalah cerminan asli dari pemilik hati, atau dalam kata lain wujud asli dari sifat dan keyakinan manusia yang tidak dapat diketahui oleh manusia yang lainnya. Seperti apakah keadaan hati, hanyalah dia sendiri dan Allah SWT yang mengetahui. Jika kita membahas kajian Islam tentang hati, sebenarnya banyak hal yang dapat kita bahas bersama, namun terkhusus kali ini, tim Cahayaislam akan fokus membahas tentang macam-macam hati menurut Al Quran.

 

Tiga jenis hati

()وَمَا أَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ مِن رَّسُولٍ وَلَا نَبِيٍّ إِلَّا إِذَا تَمَنَّىٰ أَلْقَى الشَّيْطَانُ فِي أُمْنِيَّتِهِ فَيَنسَخُ اللَّهُ مَا يُلْقِي الشَّيْطَانُ ثُمَّ يُحْكِمُ اللَّهُ آيَاتِهِ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

()لِّيَجْعَلَ مَا يُلْقِي الشَّيْطَانُ فِتْنَةً لِّلَّذِينَ فِي قُلُوبِهِم مَّرَضٌ وَالْقَاسِيَةِ قُلُوبُهُمْ ۗ وَإِنَّ الظَّالِمِينَ لَفِي شِقَاقٍ بَعِيدٍ

()وَلِيَعْلَمَ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِن رَّبِّكَ فَيُؤْمِنُوا بِهِ فَتُخْبِتَ لَهُ قُلُوبُهُمْ ۗ وَإِنَّ اللَّهَ لَهَادِ الَّذِينَ آمَنُوا إِلَىٰ صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ

Artinya: “Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang Rasul pun dan tidak (pula) seorang Nabi, melainkan apabila ia mempunyai sesuatu keinginan, syaithan memasukkan godaan-godaan terhadap keinginan it. Namun, Allah menghilangkan apa yang dimasukkan oleh syaithan itu  dan Allah menguatkan ayat-ayat-Nya. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. Dan (demikian itu) agar Dia menjadikan apa yang dimasukkan oleh syaithan itusebagai cobaan bagi orang-orang yang dalam hatinya ada penyakit serta mereka yang kasar hatinya. Sesungguhnya orang-orang yang dzalim benar-benar dalam permusuhan yang sangat. Dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu, meyakini bahwasanya Al Quran itulah yang hak dari Tuhan-mu,  lalu mereka beriman dan hati mereka tunduk kepadanya. Sesungguhnya Allah adalah pemberi petunjuk bagi orang-orang yang beriman menuju jalan yang lurus.” (Q.S. Al-Hajj: 52-54)

 

Dengan demikian, menurut ayat tersebut, macam hati itu ada tiga: dua adalah hati yang dapat terjerumus dalam kerusakan, dan satu hati yang selamat.

  1. Hati yang sakit

Yang dimaksud dengan hati yang sakit dalam kajian Islam tentang hati kali ini adalah hati yang berpenyakit. Di dalamnya memang terdapat rasa tunduk, cinta kepada Allah SWT, namun juga dibarengi dengan penyakit hati seperti kesenangan untuk mengutamakan nafsu dan syahwat, sifat sombong, meremehkan orang lain, menganggap diri sendiri yang paling benar, dan sebagainya.

 

  1. Hati yang kasar atau mati

Adalah hati yang benar-benar tidak menghamba pada Allah SWT, dan justru pada selain-Nya. Pemilik hati ini mengutamakan hawa nafsunya, menjadikan dunia sebagai polnya tujuan, serta menghabiskan hidup hanya dengan bersenang-senang dan tidak memikirkan tentang akhirat. Baginya, kesenangan yang dia dapatkan adalah hakikinya hidup, karena dia menjadikan syaithan sebagai kekasihnya.

 

  1. Hati yang selamat

Hati yang selamat adalah hati yang dimiliki oleh orang-orang iman, yang senantiasa menjalani hidupnya dengan kesadaran penuh akan kewajiban untuk beribadah kepada Allah SWT, selalu berusaha memperbaiki diri, dan juga memandang dunia bukanlah hal yang muluk serta berfokus pada kehidupan setelah akhirat. Ciri pemilik hati seperti ini yaitu:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

“Sesungguhnya orang-orang iman adalah mereka yang mana ketika nama Allah disebut, gemetarlah hati mereka, dan ketika ayat-ayat Allah dibacakan pada mereka, bertambahlah keimanan mereka, dan hanyalah kepada Allah mereka bertawakal.” (Q.S. Al Anfal: 2)

 

Selain itu, disebutkan pula di ayat lain:

إِنَّمَا يُؤْمِنُ بِآيَاتِنَا الَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا بِهَا خَرُّوا سُجَّدًا وَسَبَّحُوا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

“Sesungguhnya orang yang benar-bernar beriman pada ayat-ayat Kami adalah mereka yang ketika diperingatkan dengan ayat-ayat tersebut, mereka segera bersujud serta bertasbih memuji pada Tuhannya, dan lagi mereka tidaklah sombong.” (Q.S. As Sajadah: 15)

 

Agar Hati Bersih

Sahabat sekalian, setelah kita mengetahui tiga jenis hati yang disebutkan dalam Al Quran seperti di atas, tentunya masing-masing dari kita ingin agar hati kita menjadi bersih. Karenanya, dalam kajian Islam tentang hati kali ini, kita dapat sedikit mengingat kembali tentang penyembuh penyakit hati agar hati kita menjadi bersih yaitu dengan:

  1. membaca Al Quran dan memahami maknanya
  2. mendirikan sholat malam
  3. membiasakan diri bergaul dengan orang-orang yang sholeh
  4. memperbanyak berpuasa sunnah
  5. memperbanyak berdzikir pada Allah

 

Demikianlah ulasan singkat mengenai kajian Islam tentang hati kali ini, khususnya tentang macam-macam hati dan cara untuk menjadikan hati agar bersih. Nantikan pula kajian Islam tentang sholat dan juga kajian Islam tentang sabar, inshaa Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!