Kajian Islam Tentang Qadha dan Qadar : Beriman Kepada Qadha dan Qadhar

0
785

Dalam kehidupan manusia, kita memiliki pedoman yaitu al-Qur’an. Di dalam al-Qur’an itu sendiri terdapat ketentuan-ketentuan yang sudah Allah tetapkan sebagai pedoman kita untuk menjalani hidup di dunia dengan baik. Manusia sudah ditakdirkan memiliki takdir dan nasibnya masing-masing. Sebelum kita dilahirkan ke dunia, Allah sudah menetapkan takdir yang akan kita jalani. Apapun yang terjadi pada kita merupakan sesuatu yang sudah ditetapkan dan dikehendaki oleh Allah. Adapun yang berkaitan dengan takdir ini merupakan qadha dan qadhar. Kajian Islam tentang qadha dan qadhar ini adalah mengenai dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Qadha dan qadhar merupakan dua hal yang saling berkaitan.

Apa itu qadha dan qadhar? – Qadha merupakan suatu ketetapan atau suatu putusan. Sedangkan Qadhar adalah sesuatu yang sudah ditetapkan pada masa jauh sebelum manusia dilahirkan didunia, dan merupakan takdir atau segala yang terjadi pada manusia sampai akhir masa hidupnya. Keduanya memiliki kaitan yang tidak dapat dipisahkan. Qadha dan qadhar ini merupakan hal yang mengikuti manusia. Dalam rukun iman sendiri disebutkan bahwa kita harus beriman kepada qadha dan qadhar, yang tidak lain adalah takdir atau ketetapan yang sudah Allah putuskan untuk kita sebagai umatnya dan menjalani segala sesuatu atas kehedaknya. Salah satu kajian islam tentang qadha dan qadhar adalah iman kepada qadha dan qadhar.

Membahas Kajian Islam Tentang Qadha dan Qadhar

مَا كَانَ عَلَى النَّبِيِّ مِنْ حَرَجٍ فِيمَا فَرَضَ اللَّهُ لَهُ ۖ سُنَّةَ اللَّهِ فِي الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلُ ۚ وَكَانَ أَمْرُ اللَّهِ قَدَرًا مَقْدُورًا

Kajian islam tentang qadha dan qadhar terkandung dalam QS. Al Ahzab ayat 38 yang menjelaskan tentang ketetapan Allah yang pasti berlaku. Hal ini berarti bahwa semua yang sudah Allah gariskan dan tetapkan untuk kita akan terjadi dan pasti berlaku. Oleh sebab itu lah kita dianjurkan untuk beriman kepada qadha dan qadhar. Hal ini karena ketetapan atau takdir Allah adalah hal yang harus kita jalani. Tidak bisa dihindari apalagi ditolak. Kita sebagai umat muslim hanya berkewajiban untuk menjalani segala hal yang sudah Allah tetapkan dengan sebaik-baiknya.

إِنَّا كُلَّ شَيْءٍ خَلَقْنَاهُ بِقَدَرٍ

Dalam QS. Al Qamar ayat 49 mengatakan bahwa sesungguhnya segala sesuatu diciptakan menurut qadar (ukuran). Hal ini berarti segala sesuatu telah ditetapkan menurut takdir dan ketentuannya masing-masing. Kajian islam tentang qadha dan qadhar tercermin dalam ayat ini. Segala sesuatu di dunia ini diciptakan dengan ketetapan masing-masing. Hal-hal yang terjadi, bahkan daun yang jatuh pun sudah menjadi ketetapan yang Allah kehendaki. Itu lah sebabnya, kita sebagai manusia harus bisa menerima apa yang menjadi takdir dan ketetapanNya bagi kita sebagai umat manusia. kajian qadha dan qadhar diantaranya adalah tentang beriman terhadap qadha dan qadhar. Ketetapan-ketetapan Allah ini lah yang harus kita imani.

لاَ يُؤْمِنُ عَبْدٌ حَتَّى يُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ حَتَّى يَعْلَمَ أَنَّ مَا أَصَابَهُ لَمْ يَكُنْ لِيُخْطِئَهُ وَأَنَّ مَا أَخْطَأَهُ لَمْ يَكُنْ لِيُصِيبَهُ 

Kajian islam tentang qadha dan qadhar ini dituliskan dalam rukun iman yang mana menganjurkan kita untuk beriman kepada qadha dan qadhar. Dalam salah satu hadist tirmidzi menyebutkan bahwa tidaklah beriman seorang hamba sampai dia beriman kepada qadar yang baik maupun buruk. Hal ini berarti suatu keharusan bagi kita untuk menerima dengan ikhlas segala ketetapan yang sudah Allah tentukan untuk kita. Entah baik ataupun buruk, namun segala hal sudah Allah putuskan tentu telah sesuai dengan ukurannya masing-masing. Apa yang Allah tetapkan bagi diri kita juga tentu sesuai dengan ukuran diri kita. HR. Tirmidzi 2294 (hasan)

Kajian islam tentang qadha dan qadhar ini membahas iman kita kepada qadha dan qadhar. Qadha dan qadhar ini merupakan ketetapan yang Allah berikan kepada setiap umatnya. Ketetapan itu sendiri sudah lama Allah gariskan untuk kita. Oleh sebab, itu sobat cahaya islam, janganlah kita mengeluh dengan apa yang sudah Allah gariskan untuk kita. Karena bukti kita beriman adalah dengan beriman pada qadha dan qadhar. Ini merupakan salah satu kajian qadha dan qadhar yang harus kita perhatikan. Apapun yang terjadi pada diri kita adalah atas kehendak Allah. Jadi tetaplah menjalani segala hal dengan sebaik mungkin ya.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!