Kajian Islam Mengenai Tips Agar Do’a Kita Terkabulkan

0
383

Assalamualaikum sahabat cahaya Islami dimanapun kalian berada semoga keberkahan selalu menyertai sahabat semuanya. Sahabat tentu ingin sukses dunia akhirat bukan? Benar sahabat kita semua tentu menginginkan sukses dunia dan akhirat, untuk bisa sukses dunia akhirat kita membutuhkan kajian islam mengenai tips cerdas sukses mulia. Kajian Islam Mengenai tips Agar Do’a Kita Terkabulkan.

kajian islam mengenai tips cerdas sukses mulia kali ini akan mengajak sahabat sukses dunia akhirat dengan selalu memohon pertolongan dan Allah SAW. Adapun salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk memohon pertolongan dari Allah SWT adalah lewat berdo’a. Ketahuilah sahabat bahwa berdo’a merupakan cara kita untuk dapat berkomunikasi dengan Allah SWT.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. QS. Al-Baqarah : 186 [1]

Sering kita dengar dalam ceramah agama berdo’a merupakan cara paling mudah yang dapat kita lakukan untuk dapat berkomunikasi dengan Allah SWT tanpa mengenal waktu dan tanpa biaya sepeserpun. Namun sahabat seringkali kita lupa mengenai adab yang seharusnya kita lakukan ketika berdo’a sehingga kita merasa do’a kita tidak dikabulkan oleh Allah SWT. Nah untuk itu sahabat mari kita belajar bersama mengenai tips cerdas sukses mulia agar do’a kita dikabulkan oleh Allah SWT.

Kajian Islam Mengenai tips Agar Do’a Kita Terkabulkan

Bersungguh-sungguh ketika berdo’a

Tips cerdas sukses mulia yang pertama kita awali dengan bersungguh-sungguh ketika berdo’a kepada Allah SWT. kita harus yakin ketika sedang berdoa kepada Allah SWT, jangan kita ragu-ragu dan berprasangka bahwa Allah tidak akan mengabulkan doa kita. Nah agar Allah mengabulkan doa kita maka kita sendiri harus yakin ketika berdoa kepadaNya.

Jika dalam kondisi yang memungkinkan maka silahkan berwudhu terlebih dahulu

Namun sahabat terkadang kita berada dalam suatu kondisi yang tidak memungkinkan untuk membersihkan diri dan berwudhu, namun apabila kondisi kita tidak memungkinkan maka silahkan berdo’a namun pastikan bahwa hati kita bersih dari rasa dengki, sombong serta sifat-sifat buruk lainnya.

Berdo’a dengan nada rendah diri serta suara yang lirih

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

Berdo’alah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. QS: Al-Araf : 55 [2]

Jelas sekali kan sahabat Allah tidak menyukai hambanya yang berlebihan, termasuk ketika berucap. Nah untuk itu sahabat mari kita pelankan dan hindarkan diri kita dari segala bentuk tinggi hati agar Allah menjadikan kita sebagai umat pilihannya.

Tidak berdo’a jelek untuk orang lain

Ketahuilah sahabat bahwa Allah SWT sangat melarang hambanya untuk mendoakan buruk terhadap orang lain sekalipun orang itu sudah jahat terhadap kita. Nah untuk itu, sahabat mari kita selalu mendo’akan saudara kita dalam do’a-do’a yang baik agar kelak kita juga mendapatkan kebaikan.

Selalu berada di jalan Allah

Tips cerdas sukses mulia yang kelima adalah selalu berada di jalan Allah. Sahabat semuanya apabila kita menginginkan keberkahan dan kebaikan serta do’a kita dikabulkan oleh Allah SWT maka mari kita selalu berupaya untuk hidup sesuai dengan jalan yang Allah perintahkan. Kan juga tidak pantas apabila kita meminta Allah mengabulkan do’a kita namun kita sendiri selalu berada dalam kemungkaran-kemungkaran, apakah kita sendiri tidak malu sahabat?

Selalu berhati-hati ketika berdo’a

Berhati-hati dalam berdo’a maksudnya jangan sampai kita melakukan amalan diluar tuntunan Islam ketika berdo’a, misalnya kita percaya bahwa ada sebuah batu yang berisi kekuatan luar biasa sehingga kita menjadikan batu tersebut media untuk memohon pertolongan. Kita menjadikan batu tersebut sebagai perantara untuk mendapatkan keberkahan dari Allah. Ini merupakan perbuatan musyik sahabat, naudzubillah jangan sampai kita mendapatkan murka Allah hanya karena kita salah dalam berdoa.

Itulah kajian islam tentang tips cerdas sukses mulia yang bisa kita amalkan agar do’a kita dikabulkan oleh Allah SWT. Mari sahabat kita amalkan hal-hal di atas agar kita menjadi umat yang mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

[1]  QS. Al-Baqarah (2) : 186

[2] QS. Al A’araf (7) : 55

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!