Kajian Islam: Amal Jariyah yang Pahalanya Terus Mengalir

0
850

Setiap amal kebaikan di dunia ini, Allah akan mengganjarnya dengan pahala. Ada banyak sekali amal kebaikan yang bisa kita lakukan di dunia ini. Salah satu yang terbaik adalah amal jariyah. Apa itu amal jariyah? Amal jariyah adalah amal kebaikan yang memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah. Amal jariyah tidak hanya berguna untuk diri sendiri tetapi juga untuk kemaslahatan orang lain. Itulah kenapa salah satu keutamaan amal jariyah adalah pahalanya terus mengalir meskipun pelakunya sudah meninggal. Dalam kajian Islam ini, kami meberikan 5 contoh amal jariyah yang paling bagus.

Ilmu yang Diajarkan

Kita menuntut ilmu untuk memperluas pengetahuan. Dengan membaca pelajaran Islam ini, kalian juga sedang belajar agama. Namun, ilmu yang paling baik adalah yang diajarkan kembali ke orang lain, bukan hanya untuk diri sendiri. Kajian Islam ini memberi contoh misalnya jika kamu belajar ke pondok pesantren, setelah lulus jangan simpan sendiri ilmu yang telah kamu pelajari selama ini. Anda bisa jadi da’i untuk mengajarkan ilmu anda kepada orang lain, misalnya. Minimal, kamu mengajarkan kembali ke anak-anakmu. Dengan begitu, ilmu yang kamu pelajari tidak hanya berhenti, tetapi akan terus turun temurun. Selama ilmu tersebut terus mengalir, pahalamu juga akan terus mengalir.

Anak Sholih yang Ditinggalkan

Sebagai orang tua, kita wajib mendidik anak kita sehingga menjadi anak yang sholih. Kajian Islam ini mencontohkan mendidik anak yang sholih sebagai salah satu amal jariyah karena kebaikan yang dilakukan oleh anak tersebut akan sampai pahalanya kepada orang tua tanpa mengurangi pahala untuk anak tersebut. Bahkan, ketika orang tua sudah meninggal, pahala dari anak sholih tersebut masih akan tetap mengalir ke orang tuanya. Jadi, kita sebagai orang tua harus mendidik anak-anak kita agar menjadi anak yang benar-benar sholih.

Baca artikel-artikel tentang mendidik anak lainnya juga yang telah tim Cahayaislam bahas dikesempatan sebelumnya ya, biar lebih manteb dalam melakukan parentingnya.

Membina Masjid

Selanjutnya, ceramah Islam ini memberikan contoh membina masjid sebagai amal jariyah. Membina masjid bukan hanya membangun masid seperti mewakafkan tanah untuk dibuat masjid, tetapi juga meramaikan masjid dan mengelola masjid agar terus digunakan orang-orang untuk sholat. Selama masjid tersebut digunakan untuk sholat, selama itu pula pahala akan terus mengalir ke orang yang membina masjid tersebut, meskipun sudah meninggal dunia. Itulah kenapa kajian Islam ini mencontohkan membina masjid sebagai salah satu amal jariyah yang paling diutamakan.

Shodaqoh Jariyah

Shodaqoh adalah perbuatan yang sangat mulia namun sulit untuk dilakukan karena ini menyangkut harta. Tapi, tahukan kamu kalau shodaqoh juga termasuk amal jariyah? Shoadaqoh tidak akan membuat kita miskin karena Allah sendiri bejanji akan melipat gandakan harta yang kita shodaqohkan. Tetapi, tentu saja shodaqoh harus benar-benar ikhlas dan ini yang paling sulit.

Yang jelas, shodaqoh jariyah harus bertujuan untuk kemaslahatan orang banyak. Misalnya adalah menshodaqohkan rumah untuk tempat belajar agama, menshodaqohkan tanah untuk tempat kuburan, dan lain-lain. Selama shodaqoh jariyah tersebut bermanfaat untuk orang lain, selama itu pula pahalanya akan terus mengalir. Banyak sekali keutamaanshodaqoh. Dalam kajian Islam ini kami mengutip suatu ayat dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah yaitu ayat 262:

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ثُمَّ لَا يُتْبِعُونَ مَا أَنْفَقُوا مَنًّا وَلَا أَذًى ۙ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut-nyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”

Itulah tadi beberapa amal jariyah yang kami contohkan. Masih banyak lagi contoh contoh amal jariyah yang bisa anda lakukan. Jadi, jika anda ingin mencari pahala, utamakan shodaqoh jariyah karena pahalanya tidak hanya sekali tetapi akan terus mengalir bahkan hingga kita mati kelak. Mudah-mudahan kajian Islam ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!