Jangan Pernah Putus Asa Untuk Meraih Ampunan Allah!

0
1196

Setiap orang pasti memiliki dosa, tidak ada orang di dunia ini yang tidak memiliki dosa, semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Tapi sebesar apapun dosa yang pernah anda lakukan, Jangan Pernah Putus Asa Untuk Meraih Ampunan Allah!. Allah SWT akan memberikan rahmat dan ampunan untuk semua umatnya. Banyak motivasi islam dan kajian islam yang menyuruh kita untuk tidak pernah berputus asa untuk mencari ampunan darinya.

Jangan Pernah Putus Asa Untuk Meraih Ampunan Allah!

Seorang Ulama Ahli Zuhud pernah berkata “Barangsiapa yang melakukan dosa dan ia dalam keadaan tertawa (senang) ketika melakukannya maka Allah subhanahuwata’ala akan memasukkan ia ke dalam neraka dalam keadaan menangis dan barang siapa yang taat kepada Allah subhanahu Wata’ala ia menangis (takut kepada Allah Subhanahu Wata’ala) maka Allah akan memasukannya ke dalam surga dalam keadaan Tertawa (bahagia)”.

Allah SWT adalah maha pemaaf. Entah itu dosa kecil atau dosa besar, alangkah baiknya untuk selalu meminta ampunan padanya. Ketika hambanya bertobat dan meminta ampunan. Allah SWT pasti akan memaafkannya. Manusia adalah tepatnya lalai dan penuh dosa. Tapi walaupun Allah SWT selalu memberikan maafnya kepada hamba, bukan berarti kita harus melakukan dosa terus menerus.

Rahmat maha besar Allah Bagi Hambanya

Mungkin anda pernah mendengar kajian islam, tentang memohon ampun. Dosa sekecil apapun harus segera memohon ampun. Ketika melakukan dosa kecil terus menerus, lama kelamaan akan menjadi dosa yang besar. Sesuai dengan firman alloh yang berbunyi,

إِذْ تَلَقَّوْنَهُ بِأَلْسِنَتِكُمْ وَتَقُولُونَ بِأَفْوَاهِكُمْ مَا لَيْسَ لَكُمْ بِهِ عِلْمٌ وَتَحْسَبُونَهُ هَيِّنًا وَهُوَ عِنْدَ اللَّهِ عَظِيمٌ

(Ingatlah) di waktu kamu menerima berita bohong itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. Padahal dia pada sisi Allah adalah besar. [1]

Maksud dari ayat diatas adalah keduanya adalah perkara haram; yaitu membicarakan sesuatu yang batil dan berbicara tanpa ilmu. Yakni tidak ada dosa di sana. Ulama menjelaskan, bahwa dosa kecil bisa menjadi besar apabila dilakukan terus-menerus, meremehkannya, bangga dalam mengerjakannya atau pun terang-terangan melakukannya.

Dengan banyaknya dosa yang anda lakukan, mungkin anda bertanya adakah rahmat Allah bagi hambanya yang memohon ampun? Ada banyak orang yang merasa putus asa atas ampunan yang akan dia dapatkan. Dia sudah merasa hina dan sudah melakukan banyak kesalahan. Jadi membuat dia tidak pantas untuk bertobat dan malah melakukan kesalahan terus menerus. Mereka menganggap tak pernah ada ampunan untuk dirinya.

Sikap pesimis dan putus asa merupakan penyakit hati yang harus dihilangkan. Rahmat Allah SWT bagi hambanya yang bertaubat akan selalu ada. Terkadang bisikan setan lebih dominan dibandingkan rasa percaya diri untuk bertobat dan memohon ampun kepada-nya.

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ – وَأَنِيبُوا إِلَىٰ رَبِّكُمْ وَأَسْلِمُوا لَهُ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَكُمُ الْعَذَابُ ثُمَّ لَا تُنْصَرُونَ

Katakanlah “Hai hamba-hambaku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah SWT. Sesungguhnya Allah subhanahu wata’ala mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesunggugnya dia lah yang maha pengampunan lagi maha penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi)” [2]

Seharusnya bagi seorang muslim, sobat cahaya islam tidak boleh menyerah untuk mencari ampunan-Nya. Sebesar apapun dosa yang sudah anda lakukan. Selalu ada pintu maaf yang akan diberikan. Asalkan anda berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan yang sudah anda lakukan. Allah SWT adalah maha pengampun dan pemaaf. Ada banyak sekali cerita tentang seorang pendosa yang meminta ampunan kepada Allah SWT.

Mungkin anda pernah mendengar cerita seorang pelacur, yang menolong seekor kucing yang kelaparan dan dia bisa masuk surga karena kebaikan yang dia lakukan. Entah itu dosa anda menjadi pembunuh, Allah SWT akan mengampuni dosa anda. Asalkan benar-benar melakukan tobat, bukan hanya tobat sambal saja. Setelah meminta ampunan, lakukan refleksi hati dan berserah diri. Tidak akan mengulangi kesalahan yang dilakukan dan menjadi orang yang baik.

Perbanyak mendengar motivasi islam, sehingga anda semakin yakin untuk meminta ampunan kepada Allah SWT. Tidak ada salahnya untuk memohon maaf kepada Allah SWT. Lakukan shalat tobat dan berserah diri kepadanya. Allah SWT pasti akan memberikan ampunan kepada semua hambanya yang bertobat. Semoga Allah selalu memberikan rahmatnya kepada semua hambanya yang bertobat dan menghindari segala hal dari dosa.

[1] Q.S. An-nur (24) ayat 15

[2] Q.S. Az Zumar 53-54

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!