Jangan Lupa Membaca Al Quran Hari Ini ya!

0
486

Orang islam memiliki kitab suci yakni Al Qur’an yang memiliki banyak sekali kandungan-kandungan ayat yang menakjubkan baik itu berisi nasihat, perintah, kisah-kisah inspirasi, serta ancaman. Melihat banyaknya kandungan yang terdapat pada ayat-ayat Al Qur’an, tentu merupakan suatu yang otomatis bila kita bisa memperkuat keimanan kita dengan senantiasa membaca serta menghayati isi Al Quran tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini, tim Cahayaislam akan mencoba mengulas sedikit tentang kebaikan membiasakan membaca ayat Al Quran. Harapan kami adalah dengan ulasan kali ini, kita akan menjadi lebih bersemangat lagi dalam membiasakan dan membuat kegiatan membaca Al Quran sebagai kebutuhan.

Al Quran sebagai Syafaat di hari kiamat lho!

حَدَّثَنِي الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُو تَوْبَةَ، – وَهُوَ الرَّبِيعُ بْنُ نَافِعٍ – حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ، – يَعْنِي ابْنَ سَلاَّمٍ – عَنْ زَيْدٍ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا سَلاَّمٍ، يَقُولُ حَدَّثَنِي أَبُو أُمَامَةَ، الْبَاهِلِيُّ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ ‏ “‏ اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ الْبَقَرَةَ وَسُورَةَ آلِ عِمْرَانَ فَإِنَّهُمَا تَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ تُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ وَلاَ تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ مُعَاوِيَةُ بَلَغَنِي أَنَّ الْبَطَلَةَ السَّحَرَةُ

Bacalah Al Quran karena itu akan menjadi syafaat bagi mereka yang membacanya. Bacalah dua (surat) yang terang, Al Baqarah dan Surat Al Imran karena pada hari kebangkitan kelak, mereka akan datang sebagai dua awan atau dua naungan atau dua kumpulan burung yang memohonkan (ampunan) untuk mereka yang membacanya. Baca surat Al Baqarah untuk mengambil perlindungan, anugerah, dan kesedihan bila meninggalkannya, serta tukang sihir tidak bisa menghadapinya (H.R Muslim 804).

Dari hadits riwayat Muslim diatas ditekankan bahwa dengan memperbanyak membaca Al Quran, maka syafaat akan semakin dekat dengan kita di hari kebangkitan kelak. Bahkan dijelaskan juga kefadholan dua surat, yakni Surat Al Baqarah dan Al Imran yang sangat luar biasa. Dengan mendapatkan syafaat, perjalanan kita melewati hari kebangkitan hingga menuju pintu surga akan menjadi lebih mudah. Ini merupakan dambaan para kaum muslim, jadi mari kita perbanyak membaca Al Quran.

Membaca Al Quran adalah obat dari segala penyakit

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Dan Kami Allah telah turunkan Al Quran suatu yang menjadi penawar serta rahmat teruntuk mereka orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambahi apapun kepada orang-orang yang dzalim kecuali kerugian.

Dalam Al Quran surat Al Isra ayat 82 diatas dijelaskan bahwa Allah telah menurunkan Al Quran sebagai obat/ penawar yang mujarab. Serta Rahmat dari Allah untuk orang beriman dan kerugian untuk mereka yang dzalim. Ada sebagian ulama yang percaya bahwa maksud obat penawar ini bermakna harfiah dan bukan hanya sebagai kalimat figuratif. Jadi Al Quran dipercaya sebagai obat baik untuk penyakit jasmani serta rohani.

Beberapa ulama lain mempercayai bahwa penawar dalam ayat ini tidak menunjukkan kepada keseluruhan ayat Al Quran, namun hanya sebagian. Para ulama percaya bahwa hal penawar dari Al Quran ini tetap harus diimbangi dengan tawakal dan usaha serta keyakinan bahwa Allah akan memberikan kesembuhan atas penyakit yang diderita. Wallahu a’lam

Sebenarnya masih ada banyak sih alasan kenapa kita harus membiasakan membaca Al Quran setiap hari. Insha Allah kami akan melanjutkan pembahasan nasihat kali ini di kesempatan selanjutnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah semangat kita untuk membaca Al Quran!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!