Inilah Manfaat Shalat Istiqarah Yang Wajib Kamu Ketahui

0
239

Assalamualaikum sahabat cahaya Islami yang dirahmati Allah SWT, kajian islam mengenai ilmu Qur’an hadits kali ini yaitu mengajak sahabat semuanya untuk mengetahui manfaat, tata cara serta tujuan dari melakukan shalat istiqarah. Sahabat yang dirahmati Allah SWT tentu sahabat semuanya sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya shalat istiqarah ini sendiri? Yups benar sahabat, kita sering disuruh untuk melakukan shalat istiqarah ketika kita sedang dihadapkan pada pilihan-piihan sulit dalam hidup. Inilah Manfaat Shalat Istiqarah Yang Wajib Kamu Ketahui.

Inilah Manfaat Shalat Istiqarah Yang Wajib Kamu Ketahui

Namun sahabat sebelum membahas lebih dalam mengenai shalat istiqarah dalam kajian islam mengenai ilmu Qur’an hadits kali ini maka langkah lebih baik apabila kita mengetahui apa yang dinamakan dengan shalat istiqarah tersebut. Jadi gini sahabat, shalat istiqarah ini merupakan shalat sunnah dua rakaat untuk minimalnya dan maksimal 16 rakaat yang dapat kita lakukan ketika kita hendak memohon petunjuk kepada Allah mengenai pilihan-pilihan yang dihadapkan kepada kita semua. Hal yang sering kita dengar mengenai shalat istiqarah ini adalah istiqarah dalam menentukan pilihan pasangan hidup. Nah bagi sahabat yang sedang memiliki pilihan-pilihan dan sulit untuk memilih maka alangkah baiknya sahabat melakukan shalat istiqarah. Untuk itu sahabat sebelum melakukan shalat istiqarah mari kita lihat uraian kajian islam dibawah ini.

Tata cara melakukan shalat istiqarah

Sahabat, sebelum kita melakukan ibadah, baik itu ibadah wajib maupun ibadah sunnah alangkah baiknya sahabat kita melihat diri kita terlebih dahulu, apakah diri kita sudah dalam keadaan suci atau masih berbaur dengan najis. Jika kita masih berbaur dengan najis sebaiknya bersihkan diri kita agar shalat yang kita lakukan diterima Allah SWT. Adapun tata cara melakukan shalat istiqarah adalah sebagai berikut :

 

Menghadap ke kiblat

Kajian islam mengenai ilmu Qur’an hadist selanjutnya mengenai tata cara shalat istiqarah adalah menghadap ke kiblat. Semua kegiatan shalat kita harus menghadap ke kiblat, jika tidak shalat kita tidak akan sah juga.

Tekbiratul Ikhram

Setelah kita memposisikan diri untuk menghadap ke kiblat maka kita bisa memulai shalat istiqarah ini dengan melakukan takbiratul ikhram.

Iftitah

Kajian islam mengenai ilmu Qur’an hadits selanjutnya mengenai tata cara shalat istiqarah Setelah takbir dan sebelum membaca surat Al Fatihah, pada rakaat pertama silahkan sahabat membaca do’a iftitah. Bacalah do’a iftitah yang sahabat pelajari selama ini sebelum melakukan shalat istiqarah.

Al Fatihah

Seperti shalat-shalat pada umumnya, setelah kita membaca do’a iftitah maka selanjutnya adalah membaca bacaan Al Fatihah. Bacaan Al Fatihan merupakan bacaan wajib ketika shalat. Dan tidak akan sah shalat seseorang tanpa membaca surat Al Fatihah.

Membaca surat-surat pendek

Setelah membaca surat Al fatihah maka selanjutnya kita diwajibkan untuk membaca surat-surat pendek. Silahkan membaca surat pendek yang anda inginkan.

Salam

Sebelum melakukan salam, tentu kita melakukan beberapa gerakan ketika shalat. Nah sahabat gerakan tersebut sama dengan gerakan kita melakukan shalat fardhu. Setelah semua gerakan kita lakukan maka kita tutup shalat kita dengan salam.

manfaat dan tujuan shalat istiqarah

Berserah diri kepada Allah

Sering kita dengar dalam ceramah agama ketika shalat istiqarah kita akan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, kepada keputusan-keputusan Allah, sehingga kita hanya akan mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.

Menggunakan pertimbangan agama

Allah SWT berfirman :

ثُمَّ أَنْزَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ بَعْدِ الْغَمِّ أَمَنَةً نُعَاسًا يَغْشَىٰ طَائِفَةً مِنْكُمْ ۖ وَطَائِفَةٌ قَدْ أَهَمَّتْهُمْ أَنْفُسُهُمْ يَظُنُّونَ بِاللَّهِ غَيْرَ الْحَقِّ ظَنَّ الْجَاهِلِيَّةِ ۖ يَقُولُونَ هَلْ لَنَا مِنَ الْأَمْرِ مِنْ شَيْءٍ ۗ قُلْ إِنَّ الْأَمْرَ كُلَّهُ لِلَّهِ ۗ يُخْفُونَ فِي أَنْفُسِهِمْ مَا لَا يُبْدُونَ لَكَ ۖ يَقُولُونَ لَوْ كَانَ لَنَا مِنَ الْأَمْرِ شَيْءٌ مَا قُتِلْنَا هَاهُنَا ۗ قُلْ لَوْ كُنْتُمْ فِي بُيُوتِكُمْ لَبَرَزَ الَّذِينَ كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقَتْلُ إِلَىٰ مَضَاجِعِهِمْ ۖ وَلِيَبْتَلِيَ اللَّهُ مَا فِي صُدُورِكُمْ وَلِيُمَحِّصَ مَا فِي قُلُوبِكُمْ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ

Kemudian setelah kamu berdukacita, Allah menurunkan kepada kamu keamanan (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari pada kamu, sedang segolongan lagi telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri, mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliyah. Mereka berkata: “Apakah ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini?”. Katakanlah: “Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah”. Mereka menyembunyikan dalam hati mereka apa yang tidak mereka terangkan kepadamu; mereka berkata: “Sekiranya ada bagi kita barang sesuatu (hak campur tangan) dalam urusan ini, niscaya kita tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini”. Katakanlah: “Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh”. Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati. Q.S Ali Imran : 154 [1]

jelas sekali sahabat bahwa segala urusan itu berada di tangan Allah, untuk itu sahabat janganlah kita memohon pertolongan selain pertolongan dari Allah SWT.

Ikhlas kepada Allah

Allah SWT berfirman :

وَتَوَكَّلْ عَلَى الْعَزِيزِ الرَّحِيمِ

الَّذِي يَرَاكَ حِينَ تَقُومُ

وَتَقَلُّبَكَ فِي السَّاجِدِينَ

“Dan bertakwalah kepada (Allah) Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyanyang, Yang melihat kamu ketika kami berdiri (untuk sembahyang), dan (melihat pula) perubahan gerakan badanmu diantara orang-orang yang sujud”. (QS Asy Syuara: 217-219). [1]

Dengan begitu sahabat kita akan ikhlas menerima segala keputusan dari Allah SWT serta menjalankan segala keputusan tersebut dengan penuh kerelaan hati.

Menjauhkan dari godaan syaitan

Kajian islam mengenai ilmu Qur’an hadits selanjutnya mengenai shalat istiqarah yaitu bahwa dengan melakukan istiqarah kita akan terjauh dari godaan syaitan, hal ini dikarenakan kita sepenuhnya memohon petunjuk dari Allah SWT, sehingga akan jauh dari godaan syaitan.

Itulah sahabat tata cara serta manfaat luar biasa dari shalat istiqarah, semoga dengan membaca uraian ini sahabat selalu memohon petunjuk hanya kepada Allah SWT. sekian sahabat kajian islam mengenai ilmu quran hadits kali ini sampai jumpa di kajian islam berikutnya, wassalamualaikum.

[1] Q.S Ali Imran (3) : 154

[2] QS Asy Syuara (42) : 217-219

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!