Inilah Gambaran Surga Menurut Islam Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadis

0
1385

Allah telah menjanjikan surga bagi kaum muslimin yang senantiasa taat kepada Allah. Jadi, sebagai umat Islam, kita harus selalu melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah. Kita juga harus selalu berbuat baik dan melaksanakan sunnah-sunnah yang diajarkan Rasullullah untuk bekal menuju surga. Sebenarnya, bagaimana gambaran surga menurut Islam sehingga umat Islam ingin menggapai surga? Apa saja yang ditawarkan oleh Allah di dalam surga? Apakah surga jauh lebih nikmat dibanding dunia? Berikut ini kami berikan gambaran-gambaran yang diambil dari Al-Qur’an dan hadis Rasullullah.

Bidadari-Bidadari Surga yang Cantik

Salah satu gambaran surga menurut Al-Qur’an yang paling sering kita dengar adalah adanya bidadari-bidadari yang cantik. Sebagai orang mukmin, kita wajib mempercayainya karena janji Allah itu pasti. Bagi kaum adam yang bisa menahan hawa nafsunya, selalu taat kepada Allah, dan berbuat amal kebaikan di dunia, maka mereka akan mendapatkan bidadari-bidadari yang telah Allah janjikan. Bidadari-bidadari tersebut sangat cantik dan tidak ada yang bisa menandingi kecantikannya di dunia ini. Setelah mengetahui gambaran surga menurut Islam ini, masihkah anda tidak tertarik dengan surga? Jika tertarik, maka tingkatkan iman dan takwa anda semua.

Penjelasan di atas dapat kita lihat dari Al-Qur’an Surat Ar-Rahman ayat 70:

فِيهِنَّ خَيْرَاتٌ حِسَانٌ

“Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik.”

Sehat dan Kekal Selama-lamanya

وعن أبي سعيد وأبي هريرة رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال‏:‏ “إذا دخل أهل الجنة – الجنة- ينادي مناد‏:‏ إن لكم أن تحيوا، فلا تموتوا أبداً، وإن لكم أن تصحوا، فلا تسقموا أبداً، وإن لكم أن تشبوا فلا تهرموا أبداً، وإن لكم أن تنعموا، فلا تبأسوا أبداً‏”‏ ‏(‏‏(‏رواه مسلم‏)‏‏)‏‏.‏

Di dunia, kita sering mengalami sakit. Di dunia kita juga pasti mengalami kematian. Berbeda dengan di dunia, surga menawarkan kekekalan. Inilah salah satu gambaran surga menurut Islam yang dijelaskan oleh Rasulullah. Orang-orang yang masuk surga akan selalu sehat. Mereka tidak akan merasakan sakit. Jadi, mereka benar-benar merasakan kenikmatan yang tiada batasnya. Bahkan, kesehatan dan kehidupan mereka di surga akan kekal selama-lamanya. Mereka tidak akan mati kecuali kematian yang telah mereka alami di dunia. Maka nikmat Tuhan manakah yang engkau dustakan?

Penuh Kedamaian tanpa Perselisihan

Gambaran surga menurut Islam berikutnya adalah kehidupan yang sangat damai. Di dunia, kita sering sekali melihat kekerasan, perselisihan, dan peperangan. Di surga, semuanya akan berjalan dengan damai, tidak akan ada lagi perselisihan antar penghuninya. Bahkan, disebutkan salah satu gambaran surga menurut Al-Qur’an adalah semua penghuninya bersaudara satu sama lain. Artinya, mereka semua akan hidup rukun, aman, dan tenteram. Penghuni surga juga tidak akan merasa bosan dan mereka akan menikmati kehidupan yang penuh damai di sana selama-lamanya.

Kehidupan yang Istimewa

Mungkin di dunia anda merasa banyak kekurangan khususnya berupa materi. Tapi, jika anda berhasil melewati sulitnya dunia dengan selalu berada di jalan Allah, anda akan merasakan kehidupan surga yang begitu istimewa. Di surga, anda bisa melihat taman-taman yang luar biasa indah. Hal ini banyak sekali dijelaskan baik dalam Al-Qur’an maupun hadis Rasulullah. Selain taman yang indah, ada juga berbagai mata air yang mengalir tiada habisnya. Dari gambaran surga menurut Islam ini, anda bisa membayangkan betapa indahnya hidup di surga. Semoga anda lebih termotivasi lagi untuk menggapai surga dengan beramal solih.

Melihat Allah Sang Pencipta

لَيْسَ ذَلِكَ وَلَكِنَّ الْمُؤْمِنَ إِذَا بُشِّرَ بِرَحْمَةِ اللَّهِ وَرِضْوَانِهِ وَجَنَّتِهِ أَحَبَّ لِقَاءَ اللَّهِ وَأَحَبَّ اللَّهُ لِقَاءَهُ وَإِنَّ الْكَافِرَ إِذَا بُشِّرَ بِعَذَابِ اللَّهِ وَسَخَطِهِ كَرِهَ لِقَاءَ اللَّهِ وَكَرِهَ اللَّهُ لِقَاءَهُ ‏”‏

Setiap muslim pasti mengimani keberadaan Allah. Namun, selama mereka hidup mereka tidak akan pernah bisa melihat Allah secara langsung. Di surga inilah mereka akan benar-benar melihat Allah, dzat yang telah menciptakan manusia. Seperti yang dijelaskan dalam Hadits Tirmidzi 1067 diatas. Inilah puncak kenikmatan dari segala kenikmatan yang ditawarkan bagi penghuni surga. Dari gambaran surga menurut Islam yang telah dijelaskan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa surga adalah tujuan akhir bagi kita semua umat Islam. Jika kita ingin masuk surga, maka jangan sekali-sekali melanggar perintah Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!