Ini Dia Manfaat Memiliki Teman yang Sholih dan Sholihah

0
779

Manfaat memiliki teman yang sholih dan sholihah – Memiliki teman-teman dekat yang sholih dan sholihah adalah sebuah kenikmatan maha hebat yang seharusnya kita syukuri tanpa henti. Kita sangat tahu bahwa lingkungan tempat kita hidup dan orang-orang yang bergaul bersama kita merupakan salah satu tolok ukur orang dalam memandang kita. Orang-orang tidak akan memandang anda sebagai begundal bila anda tidak bergaul dengan para preman dan orang yang sering berbuat onar. Orang-orang tidak akan melihat anda sebagai mata keranjang bila anda tidak nongkrong dengan para ahli zina dan mucikari.

Well, ini bukan tentang bagaimana orang memandang kita, namun lebih kepada bagaimana cara kita agar lebih aman dan tidak jauh dari Allah, yakni dengan bergaul dengan teman-teman yang sholih dan sholihah. Kami akan mengulas beberapa manfaat memiliki teman yang sholih dan sholihah dalam artikel ini. Cek langsung deh!

Teman yang sholih dan sholihah sebagai pengingat kita kepada Allah

Manfaat memiliki teman sholih dan sholihah yang paling jelas adalah hidup kita yang akan selalu dipenuhi dengan pengingat atas Allah. Pengingat berupa nasihat ketika kita melakukan kesalahan dan pengingat kita untuk tidak meninggalkan apa yang menjadi kewajiban kita sebagai orang islam yang beriman kepada Allah. Lain halnya dengan teman-teman yang tidak sholih, mereka malahan akan mengajak anda melakukan hal-hal buruk yang mereka anggap benar.

Teman yang Sholih dan sholihah sebagai Motivasi kita untuk beramal sholih

Pada zaman Rasulullah SAW, para sahabat diantara satu dengan yang lainnya bisa saling menjadikan contoh. Tatkala satu orang sedang lemah imannya, orang tersebut akan pergi mengunjungi sahabatnya seiman dan menjadikan keimanan mereka bangkit kembali. Jadi keuntungan memiliki teman sholih dan sholihah adalah kita bisa mendapatkan motivasi dari mereka. Dengan bergaul dengan mereka, diri kita akan terpacu untuk berlomba-lomba dalam kebaikan bersama mereka. Berkompetisi untuk banyak-banyakan melakukan amal sholih dan melaksanakan perintah Allah dengan sebaik-baiknya.

Teman yang Sholih dan sholihah sebagai ladang doa kebaikan yang mustajab

Teman yang sholih dan sholihah akan dipenuhi doa-doa kebaikan dalam pergaulan mereka. Tentu kita akan sering mendengar doa-doa yang secara refleks diberikan oleh mereka, seperti semoga Allah paring manfaat dan barokah ya! Atau Allah paring rezeki yang lancar ya! Dan lainnya keluar dari mulut mereka. Dalam hadits muslim pula diriwayatkan bahwa doa-doa teman yang sholih kepada temannya dimana mereka tidak mengetahuinya akan dikabulkan oleh Allah.

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لأَخِيهِ بِخَيْرٍ قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Teman yang Sholih dan sholihah yang akan selalu setia hingga akhirat kelak

Salah satu manfaat teman yang sholih dan sholihah adalah kebersamaan yang langgeng. Karena pertemanan yang dilandasi karena mencari ridho Allah, maka pertemanan tersebut akan terus langgeng sampai akhirat kelak. Bahkan Rasulullah pernah mengatakan bahwasanya setiap orang-orang akan dibangkitkan kembali nanti di akhirat bersama orang-orang yang dikasihinya (keluarga dan sahabat).Maka dari itu tunggu apa lagi? Mari mencari manfaat memiliki teman yang sholih dan sholihah sekarang!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!