Ingin Semangat? Simak Dahsyatnya Mukjizat Puasa Ramadhan Ini!

0
759

Segala ketentuan dan kewajiban yang Allah berikan atas hamba-Nya dalam syariat Islam, pastilah membawa banyak kebaikan atau manfaat bagi masing-masing hamba itu sendiri. Meskipun terkadang secara kasat mata terlihat berat, sulit ataupun memerlukan kesabaran untuk menjalani atau menghadapinya, di balik semua itu, Allah SWT selalu memberikan hikmah tersendiri yang bahkan tidak ternilai harganya. Begitu juga dengan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan. Dengan kita menahan segala macam hawa nafsu selama 30 hari, menggenjot amalan-amalan dan berlomba-lomba dalam kebaikan, ternyata Allah memberikan banyak sekali mukjizat puasa Ramadhan yang dapat kita rasakan. Maka dari itu, sobat Cahayaislam, dalam menjalankan kewajiban beribadah, kita supaya melonggar-longgarkan hati kita dan menjalaninya dengan ikhlas, karena pada dasarnya itu baik bagi diri kita sendiri, sebagaimana yang telah Allah firmankan,

 …فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُ …

“…maka barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya…” (Q.S. Al Baqoroh: 184)

Mukjizat puasa Ramadhan bagi diri dan keimanan

  1. Meningkatkan ketaqwaan

Ini merupakan mukjizat puasa Ramadhan yang utama, yang mana disebutkan di dalam surat Al Baqoroh ayat 183 sebagai tujuan diwajibkannya berpuasa Ramadhan. Mengapa demikian, sobat? Jawabannya tak lain dan tak bukan adalah karena di bulan Ramadhan kita diarahkan untuk menahan segala nafsu dan syahwat, mengurangi perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat, serta mendekatkan diri kepada Allah. Dengan demikian, hati kita akan menjadi lebih taqwa.

  1. Melatih kesabaran dan meningkatkan kesyukuran

Saat berpuasa, kita menjalani pola makan dan minum yang terbatas dan tidak seperti hari-hari biasanya. Dari situlah kita dilatih untuk bersabar dan juga meningkatkan kesyukuran, karena kita dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang yang tidak mampu, yang bahkan di hari-hari biasa pun terkadang harus menahan lapar dan haus selama beberapa jam.

  1. Terbukanya pintu ampunan dan pahala

Bulan puasa adalah bulan ampunan, kesempatan emas bagi kita semua untuk bertaubat atas dosa-dosa yang telah kita lakukan. Di samping itu, bulan Ramadhan juga merupakan bulan di mana segala amalan dilipatgandakan, baik amalan jelek mapun amalan baik. Otomatis, jika kita memperbanyak amalan baik kita, maka Allah akan memberikan pahala yang sangat besar bagi kita.

  1. Kesempatan mendapatkan pahala yang lebih baik daripada seribu bulan

Keistimewaan yang satu ini hanya dapat kita jumpai di dalam bulan Ramadhan, terkhususnya di antara malam ganjil di sepuluh malam yang akhir, yaitu di malam Lailatul Qadar. Allah telah menjamin nilai pahala amalan yang kita lakukan dalam satu malam tersebut bernilai lebih baik disbanding pahala amalan selama seribu bulan. Tentunya ini merupakan kabar gembira bagi kita sebagai umat muslim.

 

Mukjizat puasa Ramadhan bagi kesehatan

Nah sobat, selain mukjizat atau manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata ada banyak pula manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan manusia, di antaranya:

  1. Bagi otak

Ketika puasa, pikiran kita cenderung menjadi lebih tenang, stabil, dan juga melambat. Dengan begitu, otak kita dapat bekerja dengan lebih tajam yang kemudian memunculkan pikiran-pikiran kreatif.

  1. Bagi jantung dan pembuluh darah

Puasa dapat menurunkan kadar gula darah, kolesterol, serta mengandalikan tekanan darah, karena berpuasa adalah sarana latihan bagi seseorang untuk mengontrol pola makan yang sangat berkaitan dengan proses metabolisme tubuh. Saat berpuasa pula, di dalam tubuh kita terjadi peningkatan HDL dan sekaligus penurunan LDL yang sangat baik untuk kesehatan jantung serta pembuluh darah.

Puasa juga sangat dianjurkan sebagai bentuk perawatan bagi penderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, obesitas, serta hipertensi dalam keadaan tertentu. Hal ini dikarenakan puasa dapat menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, serta mengendalikan tekanan darah dalam posisi normal. Dengan demikian, resiko munculnya serangan penyakit jantung pun dapat terkurangi.

  1. Bagi ginjal

Ginjal berfungsi sebagai penyaring zat-zat berbahaya yang ada dalam makanan atau minuman. Namun perlu kita ketahui, ginjal berfungsi dengan maksimal manakala kekuatan osmosis urin berkisar antara 1.000 hingga 12.000 ml osmosis/kg air. Nah, ketika berpuasa, secara otomatis asupan air dalam tubuh menurun, sehingga  dapat menyesuaikan target osmosis dalam urin tersebut.

Itulah uraian singkat mengenai beberapa contoh manfaat puasa bagi diri dan keimanan serta  manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh kita. Sebenarnya, masih banyak lagi yang tidak tertulis di sini, sobat. Stay tuned!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!