Ingat Mati! Jangan Sia-siakan Masa Muda Anda!

0
1314

Ingat mati – Masa muda memang adalah masa dimana banyak orang merasa adalah waktu yang tepat untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Banyak pula yang berpendapat bahwa masa muda adalah masa untuk menggila karena pada masa inilah kita memiliki fisik yang kuat dan bisa melakukan banyak hal. Bahkan sampai ada orang yang berkata bahwa masa muda adalah masa untuk berfoya-foya. Namun, sebagai orang islam yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, kita harus menjauhkan sejauh-jauhnya pemikiran-pemikiran semacam ini.

Mati itu datangnya sewaktu-waktu! Kita bisa saja mati di masa muda kita!

Setiap yang bernafas akan mati (كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ), itulah bunyi salah satu ayat dalam Al-Qur’an. Disitu kita tidak mendapati label umur, dan kapan setiap yang bernafas itu dekat dengan kematian. Di dunia ini sudah banyak orang yang masuk keliang lahat, dan dari banyak pusara yang ada dalam pemakaman-pemakaman disekitar tempat kita tinggal bisa kita ketahui berbagai macam orang yang telah mendahului kita. Entah mereka anak kecil, remaja, orang yang sudah tua, tidak ada patokan pantas atau tidak pantas soal hal itu.

Orang yang sedang bergelora diusia muda tidak luput dari pengawasan malaikat maut yang selalu mengitari kita sembari menatap wajah kita untuk memastikan apakah tenggat waktu kita telah tiba. Dan mereka tidak pernah lalai dalam tugas mereka. Ingatlah bahwa mati itu datangnya sewaktu-waktu, dengan keyakinan itu kita seharusnya bisa lebih bijak dalam berperilaku.

Memperbanyak amal sholih ketika masih muda adalah bijak

Masa muda pastinya merupakan masa dimana kita lebih memiliki banyak energi untuk melaksanakan banyak hal. Beda dengan orang yang sudah menginjak usia yang tidak muda, badan sering merasa lelah dan letih, persendian semakin rapuh, dan banyak penyakit mulai menjangkit setiap inchi tubuh. Di masa muda kita seharusnya bisa lebih mengepolkan amal sholih kita. Memperbanyak amalan-amalan baik sebanyak-banyaknya untuk bekal kehidupan kita setelah mati nanti adalah keputusan yang bijak.

Mengumpulkan banyak aset jariyah untuk kampung akhirat kita

Banyak para pebisnis yang meneriakkan semangat untuk berinvestasi untuk masa depan kehidupan kita didunia. Lalu kenapa kita tidak meneriakkan semangat investasi untuk kehidupan akhirat kita juga? Mengumpulkan banyak aset-aset yang akan membantu kita dikampung akhirat sana adalah suatu ide brilian dan termasuk bentuk praktik kita pada ingat mati.

Jangan sia-siakan waktu muda kita untuk berfoya-foya dan menghabiskan uang yang kita peroleh tanpa ada faidahnya. Pergunakan hal itu untuk ikut andil dalam pembangunan masjid, gunakan tenaga masa muda kita untuk ikut serta berdakwah dan mengajari generasi-generasi selanjutnya tentang agama. Dengan melakukan itu, kita akan mendapatkan amal jariyah yang akan terus mengalir bahkan setelah kita telah tiada di dunia ini. Semoga kita menjadi hamba Allah yang selalu ingat mati.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!