Hindari Berdandan yang Mengarah ke Tabarruj ini!? (Bagian 3)

0
519

Hai lagi sobat muslimah Cahayaislam! Bersyukur kepada Allah kita masih diberi keberkahan di setiap hari-hari kita oleh Allah. Nah, kali ini kami tim Cahayaislam bakal ngelanjutin ulasan sedikit tentang berdandan yang mengarah kepada Tabarruj yang pernah kami ulas sebelumnya. Nah, udah penasaran kan jenis fashion, dandanan dan busana seperti apa lagi yang harus dihindari karena mengarah kepada Tabarruj? cek lebih detail dibawah deh:

Pemakaian minyak wangi saat keluar rumah hingga orang disekitar kita bisa mencium wanginya

أَخْبَرَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ مَسْعُودٍ، قَالَ حَدَّثَنَا خَالِدٌ، قَالَ حَدَّثَنَا ثَابِتٌ، – وَهُوَ ابْنُ عُمَارَةَ – عَنْ غُنَيْمِ بْنِ قَيْسٍ، عَنِ الأَشْعَرِيِّ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ

Dalam hadits Nasa’i 5126 diatas dijelaskan dengan jelas bahwa hukum dari seorang wanita yang keluar rumah dengan memakai parfum lalu melewati banyak orang. Dan orang-orang yang dilewatinya bisa mencium bau parfumnya. Maka sungguh dia telah melakukan perzinahan. Kami juga pernah mengusut tuntas tentang pemakaian parfum untuk wanita dalam kajian islam sebelumnya (DISINI).

Menurut beberapa ulama ahlul hadits mengatakan bahwa menggunakan minyak wangi atau parfum (meski dalam rangka keluar rumah menuju masjid atau telah diizinkan suaminya sekalipun) adalah sebuah dosa yang cukup berat. Hal ini dikarenakan bahwa aroma bau semerbak minyak wangi ini ditengarai menjadi “media” penyebab penarik perhatian lawan jenis sehingga di khawatirkan akan memicu dosa-dosa yang lebih besar lainnya.

Berpakaian layaknya lawan jenis

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنَا غُنْدَرٌ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ عِكْرِمَةَ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ـ رضى الله عنهما ـ قَالَ لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم الْمُتَشَبِّهِينَ مِنَ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ، وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ‏.‏ تَابَعَهُ عَمْرٌو أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ

Hadits riwayat Bukhari nomor 5885 diatas menjelaskan pula kategori pakaian dan dandanan yang mengarah pada tabarruj. Isi hadits diatas jelas bahwa Rasulullah melaknat para perempuan yang menyerupai laki-laki dan sebaliknya. Sudah seharusnya perempuan berpakaian seperti layaknya perempuan. Tidak hanya karena Perempuan dan laki-laki memiliki detail aurat yang berbeda. Namun juga wanita memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Dan hal ini dikhawatirkan sebagai salah satu pertanda dekatnya fitnah akhir zaman.

Menurut beberapa alim ulama, bahkan hadits ini berlaku lebih detail tidak hanya pada saat wanita keluar rumah. Hadits larangan berpakaian seperti layaknya seorang laki-laki bagi perempuan ini berlaku mutlak dimanapun itu (bahkan termasuk ketika di dalam rumah).

Menggunakan busana yang nyentrik (Syuhrah) untuk menarik perhatian

Nah, poin terakhir ini sangat banyak terjadi dan wanita muslimah sangat rawan untuk terjerumus di dalamnya. Mengingat seorang wanita gitu loh! Selalu ingin tampil menarik dan menawan di mata orang lain. Wanita cenderung ingin tampil istimewa dan berbeda. Bersolek dan menghabiskan banyak biaya untuk fashion dan dandanan sepertinya sudah menjadi budaya yang mendarah daging untuk para wanita.

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عِيسَى، حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، ح وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ، – يَعْنِي ابْنَ عِيسَى – عَنْ شَرِيكٍ، عَنْ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي زُرْعَةَ، عَنِ الْمُهَاجِرِ الشَّامِيِّ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، – قَالَ فِي حَدِيثِ شَرِيكٍ يَرْفَعُهُ – قَالَ ‏”‏ مَنْ لَبِسَ ثَوْبَ شُهْرَةٍ أَلْبَسَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ثَوْبًا مِثْلَهُ ‏”‏ ‏.‏ زَادَ عَنْ أَبِي عَوَانَةَ ‏”‏ ثُمَّ تُلَهَّبُ فِيهِ النَّارُ ‏

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، قَالَ ثَوْبَ مَذَلَّةٍ

Landasan hukum dari poin ketiga ini ada pada hadits riwayat Abu Dawud 4029. Dimana Rasulullah SAW bersabda: barang siapa memakai pakaian dengan tujuan mendapatkan ketenaran, Maka Allah akan memakaikan untuknya “pakaian kehinaan” untuknya kelak di hari pembalasan.

Nah, kira-kira itu saja beberapa ulasan tim Cahayaislam tentang busana dan pakaian yang mengarah kepada Tabarruj. Semoga kita kaum muslimah yang mengaku mengharapkan ridho dan rahmat dari Allah bisa lebih berhati-hati lagi ya. Semoga bermanfaat.

2 1

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!