Hikmah Sejarah Islam di Indonesia

0
4072

Berbicara masalah Islam, sejarahnya sangat panjang. Dari mulai disebarkan secara diam-diam hingga terang terangan. Bahkan, sejarah Islam masuk ke Indonesia hingga berkembang dan menjadi agama dengan jumlah pemeluk paling besar di negara ini melalui proses yang sangat panjang. Dari sejarah tersebut, kita seharusnya bersyukur karena kita lahir di mana Islam sudah menjadi mayoritas di lingkungan kita. Tidak hanya itu saja, ada banyak sekali hikmah yang bisa kita petik pelajarannya dari penyebaran dan perkembangan Islam di Indonesia ini di mana Islam merupakan satu-satunya agama yang diridhoi Allah seperti yang dijelaskan dalam Al Qur’an surta Ali Imron ayat 19:

ۗ إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ

“Sesungguhnya agama (yang diridhoi) di sisi Allah hanyalah Islam.”

Penyebaran Islam di Indonesia

Di Indonesia, Islam masuk dan disebarkan dari berbagai cara. Yang pertama dan memiliki pernan paling besar adalah melalui perdagangan, yang mana mula-mula masuk di daerah pantai-pantai Sumatera. Selain melalui perdagangan, sejarah Islam Indonesia juga masuk melalui kultiral atau kebudayaan. Itulah kenapa saat ini banyak sekali budaya dan tradisi Islam yang bisa kita jumpai di Indonesia. Selain kedua cara tadi, Islam juga disebarkan di negara Indonesia melalui pendidikan. Kita bisa lihat banyak sekali sekolah berbasis Islam termasuk Muhammadiyah dan NU yang merupakan 2 organisasi Islam terbesar di Indonesia. Terakhir, sejarah islam juga mencatat Islam tersebar di Indonesia melalui politik.

Perkembangan Pesat Sejarah Islam di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Dengan berjajar pulau yang kita miliki, Sumatera merupakan wilayah pertama yang dimasuki Islam di negara ini. Setelah Sumatera, sejarah Islam mencatat penyebarannya di pulau Jawa. Di sinilah Islam mengalami perkembangan yang paling signifikan. Setelah sukses di Jawa, Islam kemudia tersebar luas lagi ke pulau Kalimantan melalui kerajaan-kerajaan Islam di sana. Kemudian, Sulawesi adalah target Islam selanjutnya pada saat itu. Maluku juga termasuk salah satu wilayah yang mula-mula dimasuki Islam. Hingga akhirya Islam masuk ke Papua karena memang wilayahnya yang berdekatan. Dari sejarah perkembangan Islam tersebut, kita bisa melihat betapa agama Islam dapat diterima dengan mudahnya.

Peranan Wali Songo dalam Sejarah Islam di Indonesia

Sebelum Islam berjaya di pulau Jawa, Hindu adalah agama paling banyak pemeluknya. Islam di Jawa berkembang pesat tak lain karena peranan besar Wali Songo. Mereka adalah 9 orang yang sangat mencintai Allah dan menyebarkan Islam di beberapa daerah di pulau Jawa dari mulai Jawa Timur hingga Jawa Barat. Sejarah Islam tentang Wali Songo bisa disebut sebagai akhir dari era kejayaan Hindu Budha di Jawa dan awal mula kejayaan Islam di pulau ini. Wali Songo terdiri dari 9 Sunan yaitu Sunan Gresik, Ampel, Giri, Bonang, Kalijaga, Drajat, Gunung Jati, Kudus, dan Muria.

Hikmah yang dapat Dipetik dari Sejarah Islam di Indonesia

Melihat kebelakang tentang sejarah Islam di Indonesia yang begitu panjang, kita patut bersyukur dan seharusnya bisa mengambil beberapa hikmahnya. Salah satunya adalah kita bisa belajar dari buku-buku agama Islam yang merupakan karya-karya para Ulama dan penyebar Islam di Indonesia jama dahulu. Karena memang dahulu banyak ulama yang menyebarkan ajaran agama melaui buku karya-karyanya agar mudah dipelajari.

Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan peninggalan-peninggalan arsitektur bangunan agama seperti masjid, mushola, ataupun tempat-tempat untuk belajar agama Islam. Kemudian, kita sebagai penerus mereka harus melanjutkan kerja keras mereka dalam berdakwah agar Islam terus berjaya dan semakin berkembang. Itulah sejarah Islam yang datang dan tersebar di negara dengan pemeluk Islam terbanyak, Indonesia.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!