Hikmah di Balik Sunnah Makan dan Minum Sambil Berdiri

0
938

Assalamualaikum sahabat cahaya islami yang dirahmati Allah SWT, kali Ini cahaya islami akan berbagi sedikit kajian islam mengenai larangan minum sambil berdiri. Kegiatan makan dan minum merupakan salah satu kegiatan yang rutin serta sering sekali kita lakukan. Namun terkadang kita semua menyepelekan cara ketika kita sedang makan dan minum. Benar atau salah sih minum sambil berdiri ini? Berikut Hikmah di Balik Sunnah Makan dan Minum Sambil Berdiri.

Benar atau salah sih minum sambil berdiri? Dalam kajian islam memang banyak perdebatan mengenai hukum yang mengatur, ada sebagian yang membolehkan namun ada pula yang melarang, lalu bagaimana cara kita menyikapi hal seperti ini? Tenang sahabat jangan terburu-buru dahulu mengambil kesimpulan, alangkah baiknya kita kaji bersama-sama mengenai hukum yang satu ini.

Benar atau salah sih makan dan minum sambil berdiri juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan? Berita islam dalam hal ini sudah lama dikaji oleh para ilmuwan, bahwa makan dan minum sambil berdiri ternyata juga dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Kalau demikian larangan yang Rasul berikan kepada kita dalam ceramah agama ternyata membawa kita pada kebaikan apabila kita mengikutinya.

Sahabat yang dimuliakan Allah SAW berbicara mengenai benar atau salah sih makan dan minum sambil berdiri dapat kita lihat dalam beberapa penjelasan dari hadits serta kajian ilmiah yang banyak dilakukan oleh para ilmuwan di dunia. Nah untuk itu, berikut kami berikan penjelasan mengenai hukum serta hikmah dari larangan yang satu ini. Mari kita simak bersama-sama sahabat.

Hikmah di Balik Sunnah Makan dan Minum Sambil Berdiri

Dalil yang melarang minum sambil berdiri

Benar atau salah sih mengenai hukum dari minum sambil berdiri ini mari kita lihat dalil berikut ini :

حَدَّثَنَا هَدَّابُ بْنُ خَالِدٍ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ حَدَّثَنَا قَتَادَةُ عَنْ أَبِي عِيسَى الْأُسْوَارِيِّ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَجَرَ عَنْ الشُّرْبِ قَائِمًا

Telah menceritakan kepada kami [Haddab bin Khalid]; Telah menceritakan kepada kami [Hammam]; Telah menceritakan kepada kami [Qatadah] dari [Abu ‘Isa Al Uswari] dari [Abu Sa’id Al Khudri] bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang minum sambil berdiri. [1]

Dalam riwayat lain dijelaskan :

حَدَّثَنِي عَبْدُ الْجَبَّارِ بْنُ الْعَلَاءِ حَدَّثَنَا مَرْوَانُ يَعْنِي الْفَزَارِيَّ حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَمْزَةَ أَخْبَرَنِي أَبُو غَطَفَانَ الْمُرِّيُّ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا فَمَنْ نَسِيَ فَلْيَسْتَقِئْ

Telah menceritakan kepadaku [‘Abdul Jabbar bin Al ‘Alaa`]; Telah menceritakan kepada kami [Marwan] yaitu Al Fazari; Telah menceritakan kepada kami [‘Umar bin Hamzah]; Telah mengabarkan kepadaku [Abu Ghathafan Al Murri] bahwa dia mendengar [Abu Hurairah] berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Janganlah sekali-kali salah seorang diantara kalian minum sambil berdiri, apabila dia lupa maka muntahkanlah.” [2]

Perlu sahabat muslim ketahui semua ternyata larangan minum sambil berdiri tersebut bukan hanya larangan semata tanpa ada konsekuensinya. Dibalik larangan tersebut ternyata ada hikmah luar biasa dan sering dikaji dalam kajian islam yang bisa kita petik. Penjelasan dari ilmuan semakin memperjelas hikmah dari larangan tersebut. Perlu sahabat muslim ketahui bahwa didalam tubuh kita ada sebuah organ yang dinamakan dengan Sfinger. Sfinger merupakan sebuah organ makulaer atau berotot yang bisa membuka dan menutup. Nah Sfinger ini hanya akan bisa membuka ketika kita berada dalam posisi duduk. Dengan demikian apabila kita minum air sambil duduk maka air akan tersaring oleh sfinger. Begitupun sebaliknya apabila kita minum sambil berdiri maka air tidak akan tersaring oleh Sfinger dan akibatnya air akan langsung menuju kandung kemih dan keadaan seperti ini dapat menyebabkan penyakit ginjal. Sungguh larangan yang mulia sekali sahabat, bayangkan jika kita mengamalkan sunnah untuk minum sambil duduk, manfaat kesehatan akan tetap kita dapatkan.

Benar atau salah sih minum sambil berdiri akan berbahaya pada kesehatan kita? Kajian akupuntur juga menjelaskan bahwa minum sambil duduk lebih baik dibandingkan minum sambil berdiri. Coba bayangkan apabila air yang kita minum tersebut mengandung zat yang berbahaya. Sudah berbahaya eh tidak disaring pula, oleh karena itu sahabat mari kita amalkan sunnah dari Rasul kita ini, selain mendapatkan berkah kita juga akan tetap sehat selalu.

Sekian sahabat kajian islam kali ini mengenai benar atau salah sih minum sambil berdiri, semoga melalui pembahasan ini sahabat cahaya Islami bisa menerapkan sunnah dari Rasullullah, wassalamualaikum.

[1] H.R. Muslim no. 3773 shahih

[2] H.R. Muslim no. 3775 shahih

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!