Hadits Arbain Nawawi Dan Kualitas Hadits Didalamnya

0
443

Seorang muslim pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu kitab hadits yang bernama Hadits Arbain Nawawi dan kualitas hadits didalamnya ini merupakan kumpulan suatu hadits nabi yang berjumlah 42 hadits SAW sesuai namanya yang dikarang oleh Imam Nawawi. Hadits ini sudah menjadi rujukan kaum muslim tidak hanya di Indonesia namun hingga seluruh dunia. Didalam kumpulan hadits ini, ada banyak tema yang bisa dilihat mulai dari kehidupan beragama, ibadah, muamalah dan hingga syariah. Sobat cahaya islam yang pernah belajar dipesantren pasti pernah mempelajari kitab ini karena kitab ini merupakan salah satu kitab favorit untuk dipelajari dan dihafal oleh kalangan santri dipesantren.

Hadits Arbain Nawawi Dan Kualitas Hadits Didalamnya

Dalam mengumpulkan hadits-hadits yang ada di kitab ini, Imam Nawawi mungkin terinspirasi dari hadits Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Imam Ali, Abdullah Bin Mas’ud, Muadz bin Jabal, Abi Darda, ibnu umar, ibnu abbas, Anas bin Malik, Abu Hurairrah, Abu Sa’id Alkhudri. Semoga Allah meridhoi mereka semua dari berbagai metode periwayatan bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa yang menghafal (umatku) 40 hadits yang berisi didalamnya perkara agamanya, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat nanti bersama Fuqoha”. Oleh karena hadits ini pun imam nawawi akhirnya terobsesi untuk mengumpulkan hadits-hadits yang berkaitan dengan agama dan dikumpulkan dalam satu Hadits Arbain Nawawi yang bisa dihafal dengan mudah oleh umat islam diseluruh dunia. Selain itu, sobat cahaya islam, imam Nawawi juga benar-benar sangat memilih kualitas hadits yang hendak dikumpulkan dalam kitab tersebut sehingga semua hadits yang ada di kitab Arbain Nawawi ini adalah hadits shohih.

Sobat Cahaya Islam, mempelajari hadits memang penting sama pentingnya mempelajari Al Qur’an, sehingga beliau ini ingin mempermudah para muslim mempelajari hadits melalui Hadits Arbain Nawawi karena beliau sudah menyaring hadits-hadits didalamnya. Atau jika dalam sebuah buku, kitab ini bisa dikatakan sebagai pengantar sebelum nantinya mempelajari kitab-kitab hadits yang lebih tebal seperti shahih muslim, Bukhari, imam Ahmad, dan lain lain sebagainya. Dengan begitu, kedudukan Kitab Arbain Nawawi bisa dikatakan sangat penting untuk umat islam dalam mempelajari hadits-hadits nabi. Hal itu dikarenakan kitab ini mencakup sebagian besar urusan dan juga kebutuhan umat islam untuk mengetahui aqidah, hukum, syariah, muamalah, dan akhlaq.

Selain itu, hadits-hadits yang ada pada Hadits Arbain Nawawi bukanlah hadits sembarangan. Hal itu dikarenakan hadits yang ada di kitab ini merupakan hadits pilihan dan merupakan jawami’ul kalim dan memiliki keutamaan khususnya dalam pembahasan yang tidak terlalu panjang dan jelas. Hal lain yang penting untuk dipelajari dari kitab ini adalah hadits-hadits didalamnya merupakan suatu kesatuan yang mencakup tentang ajaran islam, baik setengah ataupun sepertiga atau seperempatnya. Pentingnya kitab ini bisa terlihat bagaimana ulama menggunakan kitab ini untuk mengajarkan kepada umat islam dan bahkan menjadi sandaran utama untuk memberikan pemahaman ajaran islam.

Sobat cahaya islam yang berbahagia, jika kita membicarakan kitab ini, kitab ini merupakan salah satu kitab yang sangat populer dan diterima untuk masyarakat islam didunia tidak hanya umat islam yang berpegang teguh terhadap madzab imam syafi’i namun semuanya bahkan untuk kalangan awam. Tidak sedikit ulama juga membuat Hadits Arbain Nawawi sebagai rujukan dalam menebarkan ajaran islam yang berkaitan dengan akidah, ibadah, muamalah, dan syariah. Hal itu dikarenakan kumpulan hadits ini cukup ringkas dan sifatnya mendasar sehingga mudah untuk dipelajari.

Hal lain yang perlu sobat cahaya islam ketahui adalah Hadits Arbain Nawawi ini juga disyarahkan dan diberi tambahan 8 hadits untuk menggenapkan menjadi 50 hadits. Kemudian kumpulan hadits ini yang berjumlah 50 hadits dinamakan dengan Jami’ul Ulum wal Hikam oleh Ibnu Rajab Al-Hanbali. Kitab ini pun memiliki syarah yang ada salah satunya pada Abdul Muhsin Al-Abbad Al-badr yang merupakan salah satu senior ulama di kota madinah saat ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!