Gaya Hidup Muslim Di Zaman Modern Masa Kini

0
842

Sobat cahaya islam, pasti pernah merasa prihatin dengan gaya hidup orang-orang di masa kini. Memang sudah banyak perbedaan yang terjadi. Teknologi yang semakin canggih dan banyak perubahan membuat orang-orang semakin jauh dengan islam. Dulu tidak ada internet tidak masalah, tapi sekarang banyak yang tidak bisa hidup tanpa internet. Selain itu kejahatan, kenakalan remaja, seks bebas dan lainnya bisa ditemukan dimana-mana. Mungkin yang namanya pembunuhan, perampokan, pemerkosaan, kelahiran bayi diluar nikah menjadi hal yang biasa. Anda bisa menemukan hal itu dengan mudah. Lalu apa yang harus kita lakukan dalam menanggapi gaya hidup masa kini menurut kajian kajian islam? dan bagaimana Gaya Hidup Muslim Di Zaman Modern Masa Kini ?

Gaya Hidup Muslim Di Zaman Modern Masa Kini

Masalah Kehidupan Masa Kini

Ada banyak sekali perubahan yang terjadi. Banyak anak muda yang tidak memiliki sopan santun, seperti jauh dari agama. Mereka berpacaran, melakukan hubungan suami istri dan lainnya seperti tanpa rasa ragu sama sekali. Seolah itu hal yang biasa, seolah Allah SWT tak pernah mengawasinya, anak-anak tidak menghormati orang tuanya, orang tua dibentak begitu saja, rasa hormat kepada orang tua pun semakin luntur, banyak yang menyepelekan nasehat orang tua, sulitnya menerima ceramah agama.

Gaya hidup boros pun semakin terlihat. Begitu banyak orang yang rela melakukan berbagai hal untuk terlihat kaya. Korupsi, pencurian, penipuan dan lainnya menjadi cara untuk memenuhi gaya hidup. Bahkan mereka mencoba untuk membohongi diri sendiri. Padahal menurut surat yang ada dalam al qur’an dijelaskan :

إِنَّ الَّذِينَ جَاءُوا بِالْإِفْكِ عُصْبَةٌ مِنْكُمْ ۚ لَا تَحْسَبُوهُ شَرًّا لَكُمْ ۖ بَلْ هُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ مَا اكْتَسَبَ مِنَ الْإِثْمِ ۚ وَالَّذِي تَوَلَّىٰ كِبْرَهُ مِنْهُمْ لَهُ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar. [1]

Melihat semua gaya hidup orang modern, lalu bagaimana menanggapi gaya hidup masa kini menurut kajian islam ?

Cara Menanggapi Gaya Hidup Modern

Kita tidak bisa mundur ke belakang untuk merubah gaya hidup modern. Tapi bagaimana seorang muslim bisa ikut dan mengambil positif semua perubahan yang terjadi. Orang muslim ada dua pilihan gaya hidup yang dilakukan. Gaya hidup syar’i dan gaya hidup jahiliyah. Tinggal anda mau memilih yang mana. Godaan hidup di zaman modern seperti saat ini memang lebih besar, akses internet yang luas, membuat kita tahu berbagai hal dengan mudah, adu domba, fitnah dan lainnya pun sangat mudah untuk dilakukan. Kita harus menanggapi gaya hidup masa kini menurut kajian islam dengan positif.

Apalagi kalau kita ingin memberi nasihat/ceramah agama kepada anak-anak zaman sekarang. Tidak bisa memakai cara lama atau kekerasan. Kita harus bisa menanggapi gaya hidup masa kini menurut islam kepada anak-anak. Supaya mereka tidak terjerumus ke pergaulan bebas dan kejahatan lainnya. Ajari anak-anak untuk dekat dengan islam. Semuanya harus bermula dari rumah. Lingkungan rumah yang islami dan biasakan anak-anak untuk shalat tepat waktu, menghormati orang tua, mengucapkan terima kasih, maaf, tolong kepada orang lain. Jadi semuanya bermula dari keluarga, seorang anak yang tumbuh di keluarga yang islami akan melakukan hal serupa di luar rumahnya.

Sebagai orang tua harus bisa mengawasi anak-anak dengan baik. Jangan mengekangnya tetapi juga jangan membebaskannya. Orang tua harus menjadi contoh yang baik. Orang tua juga harus mengikuti perkembangan teknologi. Jangan menutup diri dengan perubahan yang ada. Tapi manfaatkan perubahan dengan cara yang positif. Ajari anak-anak memakai teknologi dengan cara yang positif dan baik. Sehingga mereka bisa menanggapi gaya hidup masa kini menurut islam dengan baik.

Apapun gaya hidupnya, seorang muslim yang baik harus selalu memberikan manfaat bagi sesama. Selalu dekat dengan Allah SWT, melakukan semua ajarannya dengan baik, menghormati sesama dan saling menyayangi satu sama lain. Itulah cara menanggapi gaya hidup masa kini menurut islam. Ikuti semua perubahan dengan positif tanpa melupakan semua ajarannya.

[1] Q.S An-Nur ayat 11

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!