Easter (Paskah) dalam Sudut Pandang Islam

0
493

Beberapa hari mendatang teman-teman Nasrani akan memperingati hari Easter (Paskah) atau yang disebut sebagai hari pengangkatan Isa Al Masih. Tentu, kami yakin sobat pembaca cahayaislam disini ada juga yang bukan pemeluk agama islam. Kami menghargai hal itu tanpa ada keinginan untuk berdebat agama mana yang benar dan mana yang salah. Dalam artikel kali ini, tim Cahayaislam akan mengulas sedikit mengenai Easter dalam perspektif atau sudut pandang islam. Kami akan mengulas bagaimana sih sebenarnya pengertian paskah dalam dunia islam. Yuk simak sebagai tambahan pengetahuan:

Pengangkatan Nabi Isa dan Miskonsepsinya

Dalam histori wafatnya Nabiyullah Isa ibnu Maryam, peristiwa yang terjadi menjadi perbincangan yang terdengar di telinga setiap orang. Terutama dikalangan Nasrani dan Yahudi. Di satu sisi orang-orang Yahudi mengatakan bahwa mereka telah membunuh Isa dengan cara disalib. Hal ini diterangkan dalam Al Quran Surat An Nisa 157.

وَقَوْلِهِمْ إِنَّا قَتَلْنَا الْمَسِيحَ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ رَسُولَ اللَّهِ وَمَا قَتَلُوهُ وَمَا صَلَبُوهُ وَلَٰكِنْ شُبِّهَ لَهُمْ ۚ وَإِنَّ الَّذِينَ اخْتَلَفُوا فِيهِ لَفِي شَكٍّ مِنْهُ ۚ مَا لَهُمْ بِهِ مِنْ عِلْمٍ إِلَّا اتِّبَاعَ الظَّنِّ ۚ وَمَا قَتَلُوهُ يَقِينًا

dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.

Penyaliban dan sejarah dakwah Nabi Isa

Peristiwa penyaliban Nabi Isa AS dan pengangkatannya ke langit oleh Allah sangat erat kaitannya dengan sejarah dakwah beliau. Sebagai utusan Allah, tentu dirinya dengan gencar mengajarkan dan menyebar luaskan ajaran Allah kepada Bani Israil yang pada saat itu memang sudah melenceng jauh dari jalan Allah.

Banyak dari kaumnya yang menjadi beriman (kaum hawariyyun) namun ada pula yang tetap dalam kekufuran. Penguasa-penguasa daerah menjadi gerah dan geram atas gencarnya Nabi Isa dalam berdakwah karena memang ajaran Nabi Isa membuat mereka harus meninggalkan kebiasaan maksiyat duniawi.

Karena hal itu, Nabi Isa selalu menjadi buronan dan akhirnya dia berpindah-pindah tempat dalam berdakwah. Pengikutnya dari umat Hawariyyun bisa tetap diam menyembunyikan keberadaan nabi Isa dari orang-orang yang memburunya. Namun ada salah satu murid Nabi isa sendiri yang bernama Yudas yang tergiur akan suap agar mengungkapkan keberadaan Nabi Isa. Dia berkhianat.

Setelah para petugas dari Romawi yang menemukan tempat persembunyiannya. Sebelum itu terjadi, Yudas yang berkhianat diserupakan oleh Allah baik wajahnya, fisiknya maupun suaranya agar mirip dengan Nabi Isa. Sedangkan Nabi Isa sendiri telah diangkat oleh Allah saat itu agar selamat dari muslihat buruk dan penangkapan tersebut. Dalam islam memiliki pandangan bahwa Nabi Isa telah di angkat oleh Allah bukan setelah ditangkap maupun setelah di salib (seperti dalam doktrin Nasrani). Dan yang di salib dan dibunuh dengan cara di salib tersebut adalah Yudas, seorang murid Nabi Isa yang diserupakan dengan nabi Isa oleh Allah.

Sobat Cahayaislam yang dimuliakan oleh Allah. Memang sih topik pembicaraan tentang sosok Nabiyullah Isa AS selalu memberikan rasa penasaran dan bahasan yang menarik. Bahkan dari riwayat kehidupan beliau sejak lahir saja sudah sangat menarik untuk dibicarakan. Mulai dari beliau yang merupakan bayi yang terlahir dari seorang gadis perawan. Bayi yang berbicara bahwa dirinya adalah mukjizat dari Allah dan menjelaskan kepada orang-orang yang menuduh ibunda Isa, Maryam sebagai wanita jalang karena melahirkan seorang anak tanpa ayah.

Sungguh kejadian yang sangat sangat tidak lazim itu telah membuat heboh banyak orang. Bahkan kisah tentang beliau hingga saat ini masih banyak menjadi perbincangan hangat diantara para teologis dan pengkaji sejarah. Tentu bila kita membahasnya dalam artikel ini, pastilah akan menjadi sangat panjang bukan? Tunggu saja, insha Allah kami akan mencoba mengulas kisah hidup nabi Isa Alaihisalam pada kesempatan selanjutnya. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!