Dapatkan Bonus Pahala Sholat dengan Menunggu Sholat!?

0
424

Tim Cahayaislam mau bertanya nih kepada sobat pembaca disini: Apa yang sobat lakukan setelah menunaikan sholat Maghrib yang memiliki durasi waktu yang singkat? Apakah sobat menunggu waktu sholat isya dengan berdzikir? atau sobat pembaca membaca Al Quran di sela-sela waktu singkat tersebut? Atau sobat pembaca melakukan aktifitas lain seperti bekerja atau yang lainnya setelah itu?

Bila jawaban sobat pembaca sekalian salah satu diantara semua yang kami sebutkan diatas kecuali kembali melakukan aktifitas bekerja dan lain-lain. Maka selamat untuk anda, karena anda telah mendapatkan bonus pahala melakukan sholat sepanjang anda menunggu waktu sholat tersebut! Lho kok bisa gitu sih? – Kami akan coba jelaskan dengan singkat dalam artikel ini deh:

Dia tetap dalam sholat bila dia menunggu waktu sholat selanjutnya

 Ada satu hadits riwayat muslim (nomor 649) yang menjadi landasan dari statemen ini. Kutipannya sebagai berikut ini:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى، قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏“‏ لاَ يَزَالُ أَحَدُكُمْ فِي صَلاَةٍ مَا دَامَتِ الصَّلاَةُ تَحْبِسُهُ لاَ يَمْنَعُهُ أَنْ يَنْقَلِبَ إِلَى أَهْلِهِ إِلاَّ الصَّلاَةُ

Orang-orang diantara kalian dianggap terus menerus dalam shalat selama shalat menahannya dan tidak ada hal apapun yang menahanya untuk kembali kepada keluarganya selain shalat.

Menurut para alim ulama, yang dimaksudkan dalam hadits ini adalah dia orang yang menunggu waktu shalat tiba padanya sehingga dia ditahan dari melakukan hal lain (hal-hal yang bersifat duniawi), maka dia dihukumi tetap melakukan shalat sepanjang waktu dia menunggu. Mantab kan?

Contoh waktu-waktu dimana kasus “menunggu shalat” ini biasa kita temui

Beberapa contoh waktu dimana kasus ‘menunggu shalat’ ini terjadi adalah misalnya waktu shalat maghrib yang singkat (seperti yang telah tim cahayaislam tanyakan di awal artikel ini). Waktu menunggu sholat ini juga kerap di temui oleh mereka yang biasanya datang awal ke masjid (bisa sebelum adzan atau sebelum iqomat). Biasanya sembari menunggu imam shalat datang, jamaah akan menunggu dengan tenang di dalam masjid.

Waktu menunggu ini bisa pula terjadi ketika seseorang melaksanakan sholat tahajud di akhir sepertiga malam. Setelah selesai melakukannya, dia kemudian tidak kembali tidur namun menunggu waktu sholat Subuh datang supaya tidak kebablasan. Biasanya sih kita orang islam sering menjumpai ‘waktu menunggu’ ini ketika bulan Ramadhan. Tepatnya setelah makan Sahur. Ini sangat pol pahalanya karena sepanjang waktu menunggu tersebut. Allah menganggap orang tersebut sholat sepanjang waktu dia menunggu.

Bonus lagi! Malaikat juga memintakan Ampun untuknya kepada Allah

Dalam hadits riwayat lain yang membahas kajian islam yang sama. Tepatnya dalam Kitab Bukhari (nomor 659). Bahkan dijelaskan pula ada bonus yang lain lho. Bonus itu yakni para malaikat akan senantiasa memintakan ampun untuknya kepada Allah. Kutipannya sebagai berikut ini:

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ الْمَلاَئِكَةُ تُصَلِّي عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِي مُصَلاَّهُ مَا لَمْ يُحْدِثْ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ‏.‏ لاَ يَزَالُ أَحَدُكُمْ فِي صَلاَةٍ مَا دَامَتِ الصَّلاَةُ تَحْبِسُهُ، لاَ يَمْنَعُهُ أَنْ يَنْقَلِبَ إِلَى أَهْلِهِ إِلاَّ الصَّلاَةُ ‏

Nah, sekarang sobat pembaca cahayaislam tahu kan bagaimana menarik dan mantabnya pahala orang-orang yang menunggu waktu sholat? Semoga kita bisa mengambil hikmah dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari ya! Amiin

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!