Ceramah Agama: Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah

1
3100

Setiap orang pasti ingin selalu hidup sehat. Apa gunanya harta melimpah jika sakit-sakitan? Toh harta tak bisa dibawa mati. Jadi, kesehatan adalah harta yang lebih penting daripada uang dan perhiasan. Namun faktanya menjaga kesehatan tidaklah mudah. Olahraga setiap hari dan makan makanan bergizi saja kadang tidak cukup. Namun, sebenarnya menjaga kesehatan itu tidak sulit. Ada 5 tips dari Rasulullah tentang cara hidup sehat yang disajikan dalam ceramah agama berikut ini:

Makan Sebelum Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang

Dalam ceramah agama ini, salah satu tips yang diajarkan oleh Nabi Muhammad agar hidup sehat adalah dengan makan sebelu lapar dan berhenti sebelum kenyang. Seperti kita tahu, telat makan menjadi salah satu penyebab sakit maag. Jadi, tips ini sangat tepat sekali untuk menghindari sakit maag. Selain itu, Rasulullah juga menghimbau kita untuk berhenti sebelum kenyang. Maksudnya kita tidak boleh makan terlalu banyak. Jika kita makan terlalu banyak, maka bisa mengakibatkan sakit perut dan obesitas. Padahal, obesitas adalah sumber dari segala penyakit. Jadi, ceramah agama Islam ini berkaitan dengan fakta ilmiah bahwa anjuran Rasulullah di atas memang menyehatkan.

Duduk Saat Makan dan Minum

Banyak di antara kita yang sering makan dan minum sambil berdiri. Padahal jika kita makan dan minum sambil berdiri, masih ada katup yang belum siap. Sedangkan jika sebelum makan dan minum kita duduk terlebih dahulu, maka katup tersebut sudah siap untuk menerima tekanan dari makanan dan minuman yang anda konsumsi. Ini adalah penelitian ilmiah yang sesuai dengan anjuan Rasulullah yang disajikan dalam ceramah agama ini. Jauh sebelum teknologi berkembang pesat, Rasulullah sudah memberikan contoh untuk makan dan minum dalam keadaan duduk. Dan sekarang itu terbukti secara ilmiah. Luar biasa, bukan?

Makan dengan Tangan Kanan

Tangan kanan adalah tangan yang lebih bersih deibanding dengan tangan kiri. Karena kita sering menggunakan tangan kiri untuk menyentuk banyak benda kotor yang banyak kumannya. Ceramah agama ini mengingatkan bahwa Rasulullah selalu makan dengan tangan kanan. Jadi kita sebagai umatnya sudah seharusnya mencontoh beliau apalagi jika anda makan tanpa sendok. Selain itu, makan dengan tangan kiri juga membuat otak kanan beerja yang mana otak kanan bersifat imajinasi & acak. Jadi, menurut penelitian tangan kiri tidak cocok untuk makan. Sekali lagi ini menunjukkan bahwa ceramah Islam tentang tips hidup sehat dari Rasulullah ini terbukti benar.

Tidur Cepat dan Bangun Pagi

Jika kita tidur larut malam, kita bisa kelelahan, ngantuk sepanjang hari, dan bahkan menimbulkan penyakit. Rasulullah menganjurkan kita untuk tidur lebih awal agar kita mendapatkan istirahat yang cukup serta bisa bangun pagi. Bangun pagi juga membuat kita lebih fres. Kita juga bisa menghirup udara pagi yang masih segar dan baik untuk kesehatan. Dalam ceramah agama ini, saya juga menghimbau agar kita semua mengikuti saran Rasulullah di atas.

Kebiasaan Berpuasa

Banyak orang mengeluh lapar dan haus saat berpuasa. Tapi, jika kita berpuasa sesuai dengan perintah Rasul, maka puasa akan membuat kita sehat. Sudah banyak penelitian yang membenarkan pernyataan ini. Jadi, jika kita ingin sehat, kita harus membiasakan diri berpuasa, tidak hanya puasa Ramadhan tetapi jug apuasa sunnah seperti puasa Senin Kamis. Sebagai penutup, ceramah agama ini memberikan kutipan dari Rasulullah yang menyatakan bawah puasa itu membuat kita sehat.

 صُوْمُوْا حُّوْاصِتَ

“Berpuasalah maka kalian akan sehat.” (H.R. At-Thabrani)

1 KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!