Ceramah Agama: Ketaqwaan dan Semangat Berjuang Fii Sabilillah

0
392

Salah satu sifat yang harus dimiliki oleh orang mukmin adalah taqwa. Kita harus selalu taqwa kepada Allah SWT. Dalam berbagai cemarah agama, hal ini pasti ditegaskan dengan baik. Seperti dalam surat al hujurat 15 :” sesungguhnya orang-orang mukmin itu, yang telah percaya dengan Allah dan rosul-rosul dan yang tidak ada pada mereka itu keadaan ragu dan mereka berjuang dengan menggunakan harta-harta dan diri mereka di jalan Allah, merekalah orang-orang yang benar.

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الصَّادِقُونَ

Dari ayat diatas kita bisa tahu ciri-ciri orang bertaqwa adalah percaya dengan Allah, percaya dengan rosulullah, tidak memiliki keraguan sama sekali dan berani mengorbankan hartanya di jalan Allah. Untuk lebih jelasnya kita bahas semuanya satu persatu. 

Percaya Kepada Allah SWT

Orang yang bertaqwa tentunya percaya dengan adanya Allah SWT. Kepercayannya sudah setingkat ainul yakin bukan hanya ilmu yakin. Jadi dia merasa Allah SWT selalu mengawasinya, merasa malu,, rendah hati dan lainnya. dalam ceramah agama, seorang yang bertaqwa pasti akan selalu bertauhid kepada Allah SWT. Melakukan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya. Rasa cintanya begitu dalam. Melakukan berbagai hal untuk meningkatkan keimanan. Percaya dengan semua ciptaan Allah dan semua isinya. Kalau kita tidak percaya kepada Allah SWT, atas semua takdir yang diberikan mungkin tingkat ketaqwaan kita belum tinggi.

Percaya Kepada Rosulnya

Dalam banyak ceramah agama kita tidak hanya disuruh untuk percaya kepada Allah SWT, tetapi juga kepada rosullullah SAW. Mempercayai semua sifat-sifatnya, dijadikan teladan yang baik. Seperti sifat siddiq, amanah, tabliq, dan fatonah. Rosullullah SAW menjadi petunjuk yang baik bagi seluruh umat manusia di dunia. Dari hal kegiatan sehari-hari, kepemimpinan, sekolah, masyarakat, pergaulan, rumah tangga, dan lainnya. semuanya bisa kita pelajari dari rosullullah SAW. Seseorang yang bertaqwa pasti akan percaya dan berpedoman dengan semua hal yang ada pada rosullullah SAW. Bahkan menjadikannya sebagai seorang idola dalam kehidupan sehari-hari. orang yang tidak bertaqwa biasanya masih ragu dengan sunnah-sunnah rosullullah.

Tidak Memiliki Keraguan Sama Sekali

Orang yang bertaqwa tidak memiliki keraguan sama sekali di hatinya. Keraguan atas kebesaran Allah, keraguan atas rosulullah SAW dan lainnya. ketika mendengarkan ceramah agama, kita selalu diajarkan untuk tidak memiliki keraguan sama sekali atas kebesaran Allah SWT. Walaupun banyak orang yang membenci, mencaci dan meragukan, diirinya tak pernah ragu dengan semua yang diajarkan oleh Allah SWT dan rosullullah. Semua ajaran yang benar tanpa menyakiti hati orang lain. Ketika keadaan susah maupun keadaan sedang senang, masih tetap percaya dengan perlindungan, takdir dari Allah SWT.

Mengorbankan Harta Yang Dimiliki Dan Dirinya Di Jalan Allah SWT

Orang yang bertaqwa pasti akan berani untuk mengorbankan harta dan dirinya di jalan Allah SWT. Ia berani untuk mengorbankan semua hal demi menegakan agama Allah SWT. Mengorbankan disini juga sangat luas cakupannya. Banyak ceramah agama yang mengajarkan hal ini, tapi kita juga harus melihat kontennya seperti apa. Misalnya menolong orang yang kesusahan, membantu para fakir miskin, dan lainnya. salah satunya bisa dengan sedekah dan menunaikan zakat. Ini bisa menunjukkan ketaqwaan seseorang dan mengorbankan hartanya di jalan Allah SWT.

Kita harus selalu menyelimuti kekayaan kita dengan ketaqwaan. Salah satunya dengan bersedekah dan berzakat. Di dalam kekayaan yang kita memiliki terdapat hak orang lain yang harus kita berikan, jangan jadi orang yang kikir, kita harus berbagi dengan orang yang membutuhkan. Dengan begitu kekayaan yang kita miliki akan berkah dan ketaqwaan meningkat. Itulah sedikit ceramah agama yang bisa diberikan. Semoga bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!