Cara Bertaubat Menurut Qur’an Hadits Yang Benar

0
1124

Sejatinya, tujuan hidup menurut islam, tujuan penciptaan manusia, hakikat penciptaan manusia, dan konsep manusia dalam islam yakni untuk mengabdi kepada Allah SWT. Dengan kata lain, tidak ada satupun yang diperbolehkan untuk melanggar semua bentuk tuntunan dan aturan hidup seperti fungsi agama ataupun fungsi alquran untuk umat manusia. Namun kenyataannya, tidak ada satupun manusia yang betul-betul bersih ataupun dalam keadaan yang serba suci. Manusia siapapun, setinggi apapun derajatnya, ia tidak akan terlepas dari segala dosa. Meskipun begitu, Allah adalah Zat yang Maha Pengampun serta Penerima Taubat. Seberat dan sebesar apapun dosa yang sudah dilakukan manusia, Allah akan tetap mengampuni mereka yang melakukan taubatan nasucha atau taubat yang sungguh-sungguh. Untuk itu, jika kita sebagai manusia merasa sudah banyak melakukan dosa, sebaiknya segera mengetahui Cara Bertaubat Menurut Qur’an Hadits Yang Benar.

Cara Bertaubat Menurut Qur’an Hadits Yang Benar

إِنْ تَجْتَنِبُوا كَبَائِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَنُدْخِلْكُمْ مُدْخَلًا كَرِيمًا

“Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).” [1]

Berdasarkan ayat tersebut, Allah akan mengampuni dan memuliakan dengan surga serta menghapus semua kesalahan yang sudah kita perbuat asalkan kita sebagai manusia mau untuk menjauhi dosa-dosa besar tersebut. Dosa besar tentunya begitu berat dan pastinya dilakukan dengan kesadaran. Untuk itu, Allah akan mengampuni dosa-dosa tersebut asalkan manusia tidak akan melangkah untuk mendekati perbuatan yang dapat kembali mendekatkan pada dosa besar yang telah dilakukan. Salah satunya yakni dengan melakukan cara bertaubat nasuha menurut quran hadits. Sahabat cahaya islam, bagi anda yang ingin melakukan taubat nasuha, silahkan mengikuti cara bertaubat menurut qur’an hadits yang akan dibahas dalam artikel ini.

langah-langkah bertaubat menurut qur’an hadits

Untuk mempraktekkan cara bertaubat menurut qur’an hadits, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh manusia sebagai upaya untuk membuktikan diri kepada allah bahwa kita memang ingin benar-benar bertaubat serta menjauhi semua perbuatan yang mungkar dan keji. Tahapan-tahapan cara bertaubat menurut qur’an hadits antara lain yaitu:

Evaluasi diri

Dalam tahapan ini, manusia melakukan proses penghayatan dan perenungan dirinya, apa yang selama ini bernilai salah dan dosa di mata Allah. Proses ini harus dilakukan secara mendalam agar dapat menemukan kesalahan-kesalahan yang sudah dilakukan. Proses ini bertujuan supaya kita tidak terjerumus ke lubang yang sama atau melakukan dosa-dosa kembali tanpa disadari.

Mengakui kesalahan

Hal ini adalah langkah awal dari cara bertaubat menurut qur’an hadits yang bertujuan untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Mengakui kesalahan berarti kita sebagai manusia mengakui bahwa apa hasil dari evaluasi yang sudah dilakukan menunjukkan jika ada beberapa perbuatan kita yang salah dan dosa di mata Allah SWT. Tanpa mengakui kesalahan yang sudah dilakukan, manusia yang akan memohon ampun tidak akan betul-betul melakukannya dengan memposisikan diri serendah-rendahnya atau posisi yang memang benar-benar berserah diri hanya kepada Allah SWT.

Memperbaiki kesalahan

Langkah yang satu ini wajib dilakukan saat sudah menyadari kekeliruan atau kesalahan yang ada pada dirinya. Hal ini kemudian yang membuktikan apakah manusia benar-benar melakukan taubat nasuha atau tidak. Orang yang bertaubat dengan sungguh-sungguh tentunya akan menjauhi dosa, melakukan perbaikan, serta terus menerus menjaga perbuatan baiknya. Mereka akan terus berusaha salah satunya dengan cara meningkatkan akhlak supaya tidak terjerumus dalam kesesatan hidup yang fana’ dan sementara.

Memohon ampunan kepada Allah

Walaupun telak melakukan perbaikan dan evaluasi diri, manusia tidak dapat sombong dengan mengatakan bahwa taubatnya sudah diterima. Sehingga, setelah melakukan cara bertaubat menurut quran hadits, manusia juga harus tetap memohon ampunan kepada Allah saat berdoa ataupun sholat. Allah adalah Dzat yang Maha Pengampun dan kapanpun manusia memohon ampunan, Allah akan selalu membukanya secara luas.

sekian artikel kajian islam tentang cara bertaubat sesuai qur’an hadist semoga kita bisa tejaga dari dosa-dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar. semoga bermanfaat.

[1] QS. An-Nisa: 31

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!