Cara Berlindung Dari Riba Dalam Beragam Transaksi

0
185

Tidak di pungkiri, dewasa ini kita sering sekali melihat tayangan di banyak media terkait kehidupan yang serba mewah dan banyaknya kemudahan yang ditawarkan. Iklan yang sering ditayangkan tersebut akan berimbas pada timbulnya keinginan untuk memiliki dan gaya hidup yang lebih konsumtif. Tak jarang, seseorang yang sebenarnya tidak mampu lantas mencari jalan pintas untuk menuruti hawa nafsunya dan terjerat pada riba. Padahal, salah satu dakwah Islam adalah senantiasa mengajak umat untuk berlindung dari riba. Lalu bagaimana Cara Berlindung Dari Riba Dalam Beragam Transaksi ?

Perlu kita ketahui bahwa riba dalam Islam merupakan salah satu dosa besar yang harus senantiasa dihindari. Banyaknya kemudahan yang diberikan untuk mendapatkan pinjaman membuat seseorang kini lebih sulit untuk mencegah terjerat riba. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

حَدَّثَنَا آدَمُ، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي ذِئْبٍ، حَدَّثَنَا سَعِيدٌ الْمَقْبُرِيُّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ لَيَأْتِيَنَّ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لاَ يُبَالِي الْمَرْءُ بِمَا أَخَذَ الْمَالَ، أَمِنْ حَلاَلٍ أَمْ مِنْ حَرَامٍ ‏”‏‏.‏

“Akan datang suatu zaman di mana manusia tidak lagi peduli dari mana mereka mendapatkan harta, apakah dari usaha yang halal atau yang haram.” HR. Bukhari 2083 (shahih)

Cara Berlindung Dari Riba Dalam Beragam Transaksi

Lantas, bagaimana cara berlindung dari riba yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari? Berikut penjelasannya.

Berilmu sebelum bertransaksi

Salah satu cara yang tepat untuk dapat berlindung dari riba adalah dengan memiliki ilmu terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Dalam beragam hal, Islam senantiasa mengajarkan umatnya untuk selalu mencari ilmu dalam segala hal, terutama dalam masalah ibadah. Bagi anda yang ingin bertransaksi atau berdagang, maka perlu untuk mengerti cara berdagang yang baik dan benar agar rezeki yang didapatkan bebas dari riba.

Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Ali bin Abi Tholib, bahwa “Barangsiapa yang berdagang namun belum memahami ilmu agama, maka dia pasti akan terjerumus dalam riba, kemudian dia akan terjerumus ke dalamnya dan terus menerus terjerumus.”

Hadist ini tentu saja tidak hanya berlaku bagi para penjual saja tetapi juga para pembeli. Tidak di pungkiri bahwa para peserta kredit rumah kini tidak mengetahui seluk beluk transaksi yang mereka kerjakan. Padahal, tanpa pemahaman yang pasti, mereka akan mudah sekali terjerat dalam transaksi riba yang jauh dari sesuatu yang berkah.

Mengetahui bahaya dari riba

Hal yang cukup penting untuk anda ketahui perihal cara agar anda bisa berlindung dari riba adalah dengan mengetahui bahayanya. Seperti yang sudah dipaparkan di atas bahwa riba merupakan salah satu dosa besar yang harus senantiasa di hindari oleh setiap umat Islam.

Dengan mengetahui ancaman bagi para pelaku riba, sebenarnya kita akan mendapatkan sebuah pengingat yang keras untuk tidak terjerumus. Dalam hal ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, bahwa “Satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari transaksi riba sedangkan dia mengetahui, lebih besar dosanya daripada melakukan perbuatan zina sebanyak 36 kali” (HR. Ahmad 5: 225. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 1033).

Dari redaksi hadist tersebut, kita bisa melihat betapa mengerikan ancaman dari jerat riba. Riba yang menurut sebagian orang adalah hal yang sangat biasa dalam bertransaksi ternyata menyimpan dosa yang begitu besar. Sudah sewajarnya bagi kita untuk senantiasa berlindung dari riba dalam segala macam transaksi.

Tidak mudah berhutang

Islam mengajarkan bagi umatnya untuk tidak mudah berhutang. Hutang memang diperbolehkan dalam kondisi yang sangat terdesak karena suatu hal. Namun, Islam secara tegas mengingatkan bahwa hutang merupakan pilihan terakhir dimana seharusnya seseorang berusaha terlebih dahulu sebelumnya. Selain itu, menjaga diri dari hutang juga merupakan salah satu cara untuk berlindung dari riba.

Kita semua menyadari bahwa dewasa ini, hampir semua hutang yang diberikan adalah hutang riba. Uang pinjaman yang kita dapatkan harus dikembalikan dengan jumlah yang lebih karena beragam hal. Padahal, dalam hal ini, semua tambahan tersebut merupakan riba.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk senantiasa mawas diri dan selalu berusaha untuk menemukan cara berlindung dari riba. Dengan berlindung dari riba, kita akan terhindar dari hal-hal yang akan merugikan kita kelak di akhirat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!