Berikut Ragam Keutamaan Sedekah Pada Anak Yatim

0
598

Kita selalu dianjurkan untuk bersedekah. Sedekah memberikan banyak manfaat untuk kita. Bersedekah tidak akan membuat harta yang kita miliki hilang tapi mungkin akan bertambah semakin banyak. bersedekah memang bisa diberikan kepada siapa saja. Tapi yang paling utama kita harus bersedekah kepada anak yatim. Allah SWT menjanjikan, setiap perbuatan baik pasti akan ada balasan yang baik pula. hal ini berlaku untuk sedekah. Ada banyak keutamaan sedekah yang akan anda dapatkan. Kita harus selalu berbuat baik dengan siapapun, menolong orang yang kurang beruntung dan butuh bantuan. Anak yatim merupakan anak yang tidak memiliki ayah. Berikut ini keutamaan yang akan kita dapatkan jika bersedekah kepada anak yatim.

Memberikan dan Membagikan Kebahagiaan

Bersedekah kepada anak yatim tidak ada memberikan kebahagiaan untuk orang yang kita beri, tetapi juga memberikan kebahagiaan untuk diri kita sendiri. bahkan tak hanya kebahagiaan dunia saja yang kita dapatkan, tetapi juga kebahagiaan akhirat. Orang yang kita beri sedekah, akan mendoakan kita dan memberikan kebahagiaan. Seperti hadis dari H.R abu daud tirmidzi 1918 “ aku dan orang-orang yang menyantuni anak-anak yatim di surga nanti kelak seperti dua jari ini.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عِمْرَانَ أَبُو الْقَاسِمِ الْمَكِّيُّ الْقُرَشِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ أَبِي حَازِمٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ كَهَاتَيْنِ ‏”

Hadits tersebut mengartikan bahwa di dalam surga, anak yatim yang anda santuni akan selalu bersama dan dekat dengan Rosullullah SAW. Hal ini juga sesuai dengan hadist H.R abu Ya’la dan Thobroni, Shohih at targhib al albaniy “ Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti akan masuk surga” dari dua hadist diatas, kita bisa tahu seperti apa keutamaan sedekah yang akan kita dapatkan. 

Meningkatkan Keimanan

Keutamaan sedekah dapat meningkatkan keimanan kita. Iman seseorang selalu naik dan turun. Dengan bersedekah, kita akan selalu istiqomah. Kita akan selalu mematuhi perintahnya dan menjauhi larangan-Nya. Hal ini tertulis dalam Qs Ali Imron 133-134:

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِين َ- الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, yaitu orang-orang yang menafkahkan sebagian hartanya baik diwaktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahab amarahnya dan memaafkan kesalahan orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan”. Dari ayat tersebut, kita tahu bahwa Allah SWT memerintahkan kita untuk selalu menafkahkan sebagian harta yang kita miliki ke orang yang membutuhkan.

Membuat Kita Menjadi Orang Dermawan

Allah SWT sangat membenci orang-orang yang kikir. Salah satu keutamaan sedekah adalah bisa menjadi orang yang dermawan. Dengan bersedekah pada anak yatim, akan membuat kita memiliki jiwa dermawan yang lebih tinggi. Allah SWT sangat melarang hambanya untuk bersifat kikir. Dengan bersedekah tidak akan membuat uang kita habis, malah bisa bertambah. Menurut hadist Muslim 2578: 

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ بْنِ قَعْنَبٍ، حَدَّثَنَا دَاوُدُ، – يَعْنِي ابْنَ قَيْسٍ – عَنْ عُبَيْدِ، اللَّهِ بْنِ مِقْسَمٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ اتَّقُوا الظُّلْمَ فَإِنَّ الظُّلْمَ ظُلُمَاتٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَاتَّقُوا الشُّحَّ فَإِنَّ الشُّحَّ أَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ حَمَلَهُمْ عَلَى أَنْ سَفَكُوا دِمَاءَهُمْ وَاسْتَحَلُّوا مَحَارِمَهُمْ ‏”

“jauhilah sifat kikir sesungguhnya yang membinasakan umat sebelum kamu adalah sifat kikir : ia akan menyuruh mereka bersifat kikir maka mereka kikir dan menyuruh mereka memutuskan silaturahmi maka mereka memutuskan silaturahmi serta menyuruh mereka berbuat fasik maka mereka berbuat fasik.

Mendapatkan Harta Berlipat Dan Berkah

Didalam harta yang kita miliki sebagian milik orang lain. Bersedekah tidak hanya akan memberikan banyak kebahagiaan tetapi juga bisa membuat harta yang kita miliki lebih berkah dan juga berlipat. Dari hadist annas R.a “ Nabi Muhammad SAW bersabda: pintu rizqi akan terbuka arsy Allah menurunkan kepada hambanya bagian rizqi mereka sesuai dengan banyaknya shadaqoh mereka. Barang siapa yang sedikit mengeluarkan shodaqoh, maka Allah akan memberinya sedikit rizqi dan barang yang banyak mengeluarkan shodaqoh maka Allah akan memberinya rizqi yang banyak. keutamaan sedekah ini akan memberikan banyak ketenangan dan kebahagiaan.

Ada banyak sekali keutamaan sedekah yang akan kita dapatkan. Bahkan pertolongan akan semakin dekat dengan kita. Kita tidak akan pernah tahu kebaikan mana yang akan menolong kita kelak. Jadi jangan pernah berhenti untuk berbuat baik. Selalu bersedekah dan menolong orang yang membutuhkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!