Berhenti Merokok di Bulan Ramadhan (Jadikan Bulan Penuh Rahmat ini Sebagai Sarana Pemutus Ikatan Anda dengan Rokok!)

0
899

Tim Cahayaislam beranggapan bahwa rokok adalah sesuatu yang istimewa (dalam tanda kutip). Istimewanya rokok disini cenderung mengarah kepada hal-hal negatif. Bila sebuah produk makanan atau minuman yang beredar dilaporkan atau diketahui beracun dan membahayakan kesehatan, maka tidak butuh waktu lama, fatwa dari MUI atau perdebatan dari beberapa kalangan masyarakat untuk membuat orang-orang dengan instan berhenti untuk mengkonsumsinya. Lain halnya dengan barang yang satu ini. Meskipun sudah ada tulisan “rokok membunuhmu” dan gambar-gambar ilustrasi akibat rokok dalam kemasan rokok yang dijual, fatwa dan ijtihad dari pemuka agama untuk menghindari rokok dan perdebatan yang memberi jawaban klise bahwa rokok banyak menghidupi masyarakat Indonesia, tetap saja tidak membuat orang-orang sontak langsung meninggalkannya.

Menurut beberapa teman tim Cahayaislam yang merupakan perokok aktif mengatakan bahwasanya ketika puasa yang notabene menahan lapar dan haus, menjadikan keinginan merokok menjadi lebih besar dibanding hari-hari biasa. Itulah yang menyebabkan banyak orang pesimis bahwa mencoba berhenti merokok dibulan ramadhan adalah sesuatu yang sukar. Namun siapa sangka dalam jurnal penelitian promoting smoking cessation through smoking reduction during Ramadhan yang disusun ole P. Aveyerd, beserta tiga rekannya Sheikh A, Beigh dan Amos membuktikan bahwasanya mencoba berhenti merokok dibulan Ramadhan lebih memberikan hasil yang signifikan dibandingkan bila dilakukan diselain bulan Ramadhan.

Menurut jurnal tersebut, orang islam yang memang menyadari bahwa mereka memiliki kewajiban berpuasa dibulan Ramadhan akan merasa lebih tertantang dan berusaha kuat untuk menjauhi rokok sebelum waktu berbuka tiba. Tentunya dengan statemen diatas, menahan diri untuk tidak merokok bisa dibiasakan dengan mudah dibulan Ramadhan ini. Selain keuntungan tersebut, menurut beberapa pakar dan alim ulama mengatakan untuk memenuhi beberapa tips sebagai berikut:

Niatkan dengan Tekat Bulat! Berusaha berhenti merokok di bulan Ramadhan

Ajak orang-orang disekitar untuk membantu anda

Beri sanksi yang mengarah keibadah penuh Rahmat yang agak berat!

Jangan Berbuka dan Sahur dengan Rokok!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!