Ceramah Agama: Ternyata Bau Mulut Orang Puasa Seperti Harum Kasturi!

0
669

Saat ini kita sedang menjalani ibadah puasa, satu bulan penuh. Bulannya memperbanyak ibadah dan mengejar pahalanya. Masalah yang sering dihadapi oleh orang yang berpuasa adalah masalah bau mulut dan tubuh yang lemas. Padahal ketika berpuasa kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh kita. Terutama masalah bau mulut yang sering menjadi kendala, banyak orang yang menjadi ragu untuk berbicara karena takut bau mulutnya kemana-mana. Tapi tahukah anda dalam ceramah agama, selalu disebutkan bau mulut orang berpuasa seperti bau minyak paling mahal di dunia yaitu minyak kasturi. Pernyataan ini juga memiliki dasar hadist yang jelas.

حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا هِشَامٌ، أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنِ ابْنِ الْمُسَيَّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ـ رضى الله عنه ـ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ، إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي، وَأَنَا أَجْزِي بِهِ، وَلَخَلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Dari Ibu Hurairah, Nabi ShallAllahu’alaihi wa sallam bersabda sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi. Dari hadist riwayat Bukhari 5927 tersebut kita bisa tahu seperti apa kemuliaan orang yang berpuasa di sisi Allah. Apalagi puasa termasuk rukun islam yang harus kita penuhi. Walaupun begitu, supaya tidak mengganggu orang lain kita harus bisa menjaga kesehatan mulut kita dengan baik.

Penyebab Bau Mulut Orang Puasa

Maski bagi Allah bau mulut orang berpuasa harumnya bagaikan minyak kasturi. Dengan itu kita tidak bisa sembarangan kesana kemari menebarkan bau mulut kita kepada orang lain dong. Harum kasturi itu adalah penilaian oleh Allah, bukan penilaian dari manusia lainnya disekitar kita. Tahukah anda apa penyebab bau mulut pada orang berpuasa? Bau mulut yang muncul bukan dikarenakan mulut kita. Tetapi dari lambung atau perut kita yang kosong. Pada saat lambung tak terisi akan mengeluarkan gas dan dikeluarkan dari perut. Inilah yang membuat bau mulut orang berpuasa lebih bau dibandingkan orang yang tak berpuasa.

Ibnu Rajab Rahimahullah berkata Bau yang naik berupa uap karena kekosongan lambung dari makanan ketika puasa. Bau yang tidak disukai oleh penciuman manusia di dunia. Akan tetapi baik di sisi Allah karena muncul dari ketaatan dan mencari keridhaan Allah. Sebagaimana darah orang yang syahid akan datang pada hari kiamat, warnanya warna darah tetapi baunya bau misk. Begitu mulianya orang yang berpuasa di sisi Allah. Sampai bau mulut yang dikeluarkan dianggap seperti bau minyak kasturi.

Sikat Gigi Saat Berpuasa

Ada banyak cara untuk mengatasi bau mulut ketika berpuasa, salah satunya dengan sikat gigi. Menurut ilmu kedokteran sikat gigi minimal dilakukan 2 kali sehari. Lalu bagaimana ketika puasa? Pada saat berpuasa, kita bisa menyikat gigi pada saat kita diperbolehkan makan dan minum. Misalnya setelah berbuka puasa, malam hari sebelum tidur dan setelah santap sahur. Ada beberapa hadist yang menjelaskan tentang sikat gigi ketika berpuasa.

Dalam ceramah agama dan artikel-artikel kami yang lain, tim cahayaislam pernah mengulas sedikit tentang hukum bersikat gigi bagi orang yang puasa. Sahabat Nabi shallAllahu alaihi wa sallam mengatakan “aku pernah melihat nabi shallAllahu alaihi wa sallam bersiwak beberapa kali hingga tidak dapat kuhitung banyaknya, meskipun saat itu beliau sedang berpuasa. Tapi hadist tersebut belum dipastikan kesyahihannya. Pada saat berpuasa, anda tetap harus menjaga kesehatan mulut dengan baik. Tak hanya dengan sikat gigi minimal dua kali saja, tapi bisa dengan cara yang lain. Pada saat berpuasa, lebih baik hindari bersikat gigi, karena air kumur bisa masuk ke mulut dan membuat puasa anda batal.

Setelah sikat gigi, gunakan obat kumur. Obat kumur membantu menghilangkan bakteri jahat didalam mulut. Gunakan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Sehingga tidak akan merusak gigi anda. Selain memakai obat kumur, anda juga harus membersihkan lidah. Ini bisa membantu menghilangkan bau mulut. Perbanyak minum air putih dan sayuran serta buah-buahan saat sahur dan berbuka. Cara-cara ini begitu ampuh untuk mengatasi bau mulut ketika berpuasa. Ketika bau mulut anda tidak begitu parah, anda pun bisa ikut ceramah agama dengan lebih menyenangkan

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!