Yuk Baca Dulu Kata Kata Bijak Islam dari Ali bin Abi Thalib Ini

0
3398

Setiap hari, kita pasti berkata dan bercakap karenan memang Allah menciptakan mulut sebagai indera pengucap. Namun, kita hanya boleh berkata yang baik-baik saja, terutama kata-kata yang bijak. Saat ini, banyak sekali kata-kata dengan bahasa yang indah yang sering kita temui. Namun, sebenarnya kata kata bijak sudah sering kita temui pada saman dahulu, khususnya yang berhubungan dengan Islam. Di sini, kita akan melihat kata kata bijak Islam yang berasal dari Ali bin Abi Thalib karena beliau adalah sahabat nabi yang dikenal dengan kecerdasannya dan tutur bahasanya yang indah. Seperti perintah nabi dalam hadits berikut:

وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ اْلآخِرِ فَليَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ
“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia berkata yang baik atau diam”

Kata-Kata Bijak tentang Cinta

Salah satu kata-kata mutiara Islam yang berasal dari Ali bin Abi Thalib adalah tentang cinta yang berbunyi ” Cinta kepada Allah adalah puncaknya cinta. Cinta kepada sesama adalah lembahnya cinta”. Kata-kata tersebut mengandung makna yang begitu mendalam karena banyak manusia yang terlalu cinta kepada dunia, dalam arti ke sesama manusia. Hingga melupakan Allah sebagai sang pencipta. Padahal, cinta yang kekal adalah cinta kepada Allah, yaitu dengan menjalnkan semua perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Kata kata bijak Islam ini cocok untuk pemuda zaman sekarang.

Kata-Kata Bijak tentang Harta Vs Ilmu

Mana yang lebih kamu pilih, harta atau ilmu? Mungkin kata-kata mutiara Islami dari Ali bin Abi Thalib ini bisa memberi jawaban yang lebih tepat. “Harta itu berkurang bila dibelanjakan, sedangkan ilmu itu bertambah bila dibelanjakan.” Kata-kata tersebut bermakna bahwa harta akan habis jika kita gunakan, sedangkan ilmu tidak akan habis jika kita gunakan, bahkan malah bertambah. Jadi, jangan sampai kita malas belajar karena terlalu sibuk dengan harta. Dengan ilmu kita bisa mencari harta sedangkan mencari ilmu dengan harta belum tentu bisa. Mudah-mudahan kata kata bijak Islam ini membuat kalian semakin rajin menuntut ilmu terutama il,u agama.

Kata-Kata Bijak tentang Sahabat

Sahabat sangatlah penting. Beruntunglah kalian yang memiliki banyak sahabat. Sahabat sejati akan selalu membantu saat kita kesusahan dan menemani saat kesepian. Jadi, kita hidup di dunia ini harus mencari sahabat yang sebanyak-banyaknya, seperti kata kata bijak Islam yang dikemukakan oleh Ali bin Abi Thalib “Sebodoh-bodohnya manusia adalah orang yang tidak mau mencari sahabat dan yang lebih bodoh dari itu adalah orang yang menyia-nyiakan sahabat yang telah dicari”. Jadilah orang baik sehingga memiliki banyak sahabat dan jagalah sahabat kalian sehingga mereka tidak meninggalkanmu karena dalam Islam kita harus saling memperbanyak saudara muslim.

Kata-Kata Bijak dalam Mengeluarkan Harta

Ali bin Abi Thalib pernah berkata “Jadilah orang yang dermawan tapi jangan jadi pemboros, jadilah orang yang sederhana tapi jangan jadi orang kikir!” Mungkin kata kata bijak Islam ini sangat menampar orang-orang yang sering kali boros dalam memenuhi gaya hidup tapi tidak pernah bersodaqoh. Di sisi lain, kata-kata ini juga meninggung orang yang niatnya berhemat tapi malah terlalu hemat sehingga menjadi pelit dan kikir. Jadi, keluarkan harta dengan bijak.

Kata-Kata Bijak Islam tentang Doa yang Belum Terkabul

Biasanya orang yang berdao tapi tak kunjung dikabulkan akan merasa kesal. Padahal dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa apa yang kalian inginkan belum tentu yang terbaik untukmu. Hal ini senada dengan apa yang pernah diucapkan oleh Ali bin Abi Thalib “Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang terjadi”. Jadi, syukuri apa yang telah Allah berikan untukmu. Dari kata kata bijak Islam di atas, mana yang paling bagus menurut kalian?

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!