Baca 5 Motivasi Islam yang diambil dari Al-Qur’an Agar Hidup Lebih Tenang

0
1961

Sebagai manusia, mungkin kita sering mengeluh dan pasrah karena barbagai alasan. Padahal, sebagai umat Islam, kita tidak boleh bersedih, namun kita harus sabar. Ujian dari Allah memang serin tak terduga dan mungkin kadang terasa begitu berat. Namun, jika kita mampu memotivasi diri kita, kita pasti bisa melewatinya. Memotivasi diri sendiri tidaklah sulit. Sering-sering sajalah membaca Al-Qur’an, maka kita akan menemukan banyak motivasi Islam di sana. Penasaran apa saja motivasi yang bisa kita temukan dalam kitab suci kita? Simak selengkapnya berikut ini.

Motivasi dalam Mengubah Nasib

Jika kita merasa nasib kita kurang beruntung, maka lihatlah di luar sana banyak sekali orang-orang yang jauh lebih beruntung daripada kita. Ini bukan masalah seberapa banyak nikmat yang kita dapat, tetapi seberapa banyak kita nikmat yang kita syukuri. Malalui motivasi Islami ini, kami juga mengajak kalian semua untuk terus berusaha dan berdoa. Memang rezeki sudah diatur oleh Allah. Tapi bukan berati kita hanya bisa pasrah. Justru bagaimana kita bisa menggapai rezeki tersebut. Karena kita akan sukses jika kita mau berusaha dan Allah akan memberi rezeki yang banyak bagi kita yang mau berusaha. Seperti motivasi Islam yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’d ayat 11:

نَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ ۗ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ ۚ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.”

Motivasi Saat Mencari Rezeki

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Setiap hari, kita mencari rezeki untuk mencukupi keutuhan hidup dengan cara bekerja, berdagang, membuka usaha, dan lain sebagainya. Usaha tidak akan sia-sia jika kita melakukannya dengan benar dan berada di jalan Allah. Untuk itu, kita juga tidak boleh meninggalkan kewajban kita sebagau umat Islam. Jika anda ingin sukses dalam mencari rezeki, ingatlah motivasi Islami yang terkandung dalam Al-Qur’an surat Al-Jumu’ah ayat 10. Dari ayat tersebut kita harus melaksanakan kewajiban Sholat dahulu. Setelah kita melaksanakan kewajiban, kita dipersilahkan untuk mencari karunia dari Allah. Namun kita harus selalu ingat Allah agar kita menjadi orang yang beruntung.

Motivasi untuk Bersodaqoh

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Sodaqoh tidak akan membuat kita miskin. Sodaqoh adalah salah satu amal baik yang bukan hanya pahala sebagai balasannya tetapi juga harta. Namun, kita masih sering takut harta kita berkurang jika mensodaqohkan sebagian harta kita. Motivasi agama Islam yang pas untuk kasus ini adalah Al-Qur’an surat Saba ayat 39 di mana Allah berjanji akan mengganti harta yang kita sodaqohkan. Percayalah bahwa janji Allah itu pasti. Dengan motivasi Islam ini, mudah-mudahan kita menjadi orang yang dermawan, mau mensodaqohkan sebagian harta kita, dengan mengharap ridho Allah semata.

Selalu Ada Kelapangan Sesudah Kesempitan

لِيُنْفِقْ ذُو سَعَةٍ مِنْ سَعَتِهِ ۖ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنْفِقْ مِمَّا آتَاهُ اللَّهُ ۚ لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَا آتَاهَا ۚ سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

Berapapun rezeki yang kita terima, maka syukurilah. Jika kita punya kewajiban untuk memberi nafkah, maka tunaikanlah kewajiban tersebut, baik di saat rezeki kita lancar maupun seret. Percayalah bahwa Allah tidak akan menguji makhluknya di luar batas kemampuannya karena Allah Maha Tahu. Dan yang paling penting, Allah memberi motivasi Islam dalam Al-Qur’an surat At-Thalaaq ayat 7 bahwa setelah kesulitan selalu ada kemudahan, setelah kesempitan selalu ada kelapangan.

Selalu Bersyukur kepada Allah

إِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Nikmat yang Allah berikan kepada setiap orang itu berbeda-beda. Sekecil apapun nikmatnya, syukurilah itu. Karena Allah mengatakan dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 7 bahwa jika kita bersyukur maka nikmat kita akan ditambah. Begitu juga sebaliknya jika kita kufur maka kita akan mendapat siksa pedih. Mudah-mudahan motivasi Islam di atas semuanya bermanfaat untuk mengarungi hidup ini lebih bersemangat lagi.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!