Arti Bahagia Menurut Islam

0
5359

Sobat cahaya islam, apakah yang para sobat semua cari di dalam hidup ini? apakah yang paling diinginkan? Pasti jika semua orang entah itu beragama islam atau pun bukan apabila di Tanya tujuan hidupnya pasti menjawab ingin hidup bahagia. Lalu sebenarnya apakah arti bahagia menurut islam dan mengapa semua orang menginginkannya? Berikut ini definisi bahagia menurut ajaran agama islam.

Pengertian Bahagia Menurut Agama islam

Islam merupakan agama yang penuh rahmat dan barokah. Agama islam ini termasuk agama yang lengkap. Dikatakan lengkap karena semua permasalahan dalam hidup ada jawabannya di dalam kitab suci agama islam yaitu Al Qur’an. Di dalam kitab suci al Qur’an ini diceritakan semua seluk beluk kehidupan manusia baik di dunia maupun di alam akhirat. Salah satu hal yang di soroti oleh al Qur’an adalah mengenai arti bahagia menurut islam.

Pada dasarnya, bahagia memiliki definisi sebagai sebuah perasaan senang dalam menjalani kehidupan. Definisi bahagia ini adalah sebuah definisi secara umum. Biasanya, gambaran secara umum orang yang bahagia adalah apabila memiliki harta yang melimpah ruah. Atau mungkin bisa saja memiliki anak yang pandai secara akademis atau hal lainnya. Dalam ajaran islam, kata bahagia memiliki definisi lain. Arti bahagia menurut islam adalah perasaan tenang yang ada dalam setiap pemeluk agama islam karena memiliki Allah SWT sebagai tujuan hidupnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Qur’an surat Al Fath ayat 4.

هُوَ الَّذِي أَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِي قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوا إِيمَانًا مَعَ إِيمَانِهِمْ ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Dalam ayat di atas terdapat kata tentara langit dan bumi. Maksud dari kata tersebut adalah bahwa penolong bagi orang-orang mukmin adalah para malaikat , angin, binatang dan lain sebagainya. Dan inilah yang menyebabkan seorang mukmin sejati merasa tentram dan senang karena mereka memiliki Allah sebagai penolongnya. Oleh karena itu, seorang muslim sejati akan selalu mengingat Allah SWT dalam kondisi senang maupun susah. Inilah sebuah gambaran arti bahagia menurut islam.

Cara Umat Islam Memperoleh Kebahagiaan

Bahagia merupakan sebuah kata yang mudah terucap. Akan tetapi kata yang satu ini begitu sulit untuk di wujudkan. Arti bahagia menurut islam merupakan sebuah kata yang intinya adalah selalu merasa memiliki Allah SWT dalam setiap kegiatan dalam hidupnya. Lalu sobat cahayaislam, bagaimanakah cara agar kita sebagai umat islam memperoleh kebahagiaan? Berikut ini terdapat cara memperoleh kebahagiaan menurut islam.

Cara yang pertama untuk memperoleh arti bahagia menurut islam adalah dengan jalan mempercayai Allah SWT sebagai sumber pemberi rasa bahagia. Yakinlah bahwa hanya Allah SWT semata yang mampu memberikan rasa tenang dan tentram di dalam hati. Dengan adanya rasa tentram dan tenang di dalam hati yang merupakan sebuah karunia Allah inilah, maka sobat cahaya islami akan memperoleh makna dari sebuah kata bahagia.

Selain memgharapkan rasa tentram dan tenang dalam hati, sebuah arti bahagia menurut islam akan diperoleh dengan jalan takwa. Menurut definisinya, takwa adalah menjalankan dengan sungguh-sungguh segala perintah dan menjauhi larangan dari Allah SWT Tuhan Semesta Alam ini. Untuk mendapatkan predikat orang yang bertakwa ini, seorang muslim harus dengan sungguh dan berkelanjutan dalam menjalankan segala perintah dan larangan yang Allah berikan kepada umat islam. Semoga dengan mampu ikhlas menjalankan semua syariat islam ini, maka diri kita sebagai muslimin akan memperoleh arti sebuah kebahagiaan yang di idam-idamkan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!