Apakah Kandungan Alkohol dalam Durian Membuat Buah ini Haram?

0
4479

Beberapa hari yang lalu tim cahayaislam turut serta dalam sebuah event bertajuk festival durian montong. Acara ini sangat ramai dan diikuti oleh banyak orang dari banyak kalangan masyarakat baik kawula muda dan sudah lanjut usia. Festival ini banyak diikuti oleh banyak orang karena pada acara ini kita dapat makan durian montong sepuasnya hanya dengan harga tiket masuk sekitar 50k.

Pada saat festival itu berlangsung ada satu teman tim Cahayaislam yang nyeletuk “Wah bis mabuk nih kalo makan kebanyakan! kan durian mengandung alkohol” – Dari perkataan salah satu teman itulah kemudian membawa tim cahayaislam pada kebimbangan tentang buah ini. Muncul pertanyaan apakah buah durian ini haram karena mengandung alkohol?

Mengingat dalam artikel sebelumnya (DISINI) tim cahayaislam sudah mengulas bahwa sedikit apapun benda memabukkan yang kita ambil (tidak sampai memabukkan) tetap dihukumi haram. Lalu bagaimana dengan durian? tim cahayaislam akhirnya mencoba bertanya kepada para alim ulama mengenai hal ini.

Menilik senyawa yang terkandung dalam buah durian

Banyak yang menganggap bahwa bau harum dan menyengat yang datang dari buah yang satu ini keluar karen kandungan alkoholnya yang kuat. Namun hal ini salah, sampai ketajaman dan harum buah durian bukan merupakan yang disebabkan oleh alkohol dalam buah ini melainkan karena banyak hal. Seperti jenis duriannya, tingkat kematangan ataupun tempat asal penanaman atau struktur tanah pada tanaman buah tersebut.

Bila kita menilik lebih dalam tentang kandungan buah ini, maka bisa kita temukan banyak senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya. Contohnya seperti thioethers, polysulphide, diethyldisulphide dan masih banyak lagi. Dan Menurut banyak penelitian yang telah dilakukan di dunia mengatakan bahwa tidak terbukti bahwa dengan memakan banyak durian, seseorang akan mengalami mabuk.

Buah durian bukan khamr dan memiliki banyak manfaat

Selain penelitian yang tidak membuktikan bahwa durian menyebabkan mabuk. Bahkan dilain sisi, buah ini banyak memberikan manfaat bagi kesehatan. Seperti menurut penelitian yang termaktup dalam New Englan MedicinE Journal yang menjelaskan bahwa durian mengurangi resiko stroke hingga lebih dari 39%. Durian juga bisa mengontrol kestabilan berat badan dan bagus untuk diet menurut penelitian yang dilakukan di Austrian’s Institute of Psychology. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa durian dapat menambah brain power dan mencegah depresi.

أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ مَنْصُورِ بْنِ جَعْفَرٍ، قَالَ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ، قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ، قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏ “‏ كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ وَكُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ الْحُسَيْنُ قَالَ أَحْمَدُ وَهَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ

(H.R Nasa’i – 5583)

Nah, terkait dengan pembahasan kali ini. Rasulullah memerintahkan kita untuk condong kepada hal-hal yang bermanfaat. Dan Buah durian tidak terbukti sebagai makanan yang bisa menyebabkan mabuk. Sedangkan dalam banyak kajian hadits menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan khamr adalah yang menyebabkan mabuk. Dan bila itu memabukkan, maka sedikit-nya pun tetap dihukumi haram.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!