Agar Hidup Lebih Tenang, Mari Belajar Menerima KetetapanNya

0
1567

Ada sebuah cerita tentang seorang pemuda, namanya adalah Hasan. Hasan adalah seorang pemuda yang cerdas dan juga sholih. Ia bercita – cita suatu hari nanti bisa meneruskan pendidikannya diluar negeri. Setiap hari dia selalu belajar dengan sungguh – sungguh  dan tidak pernah lupa berdo’a kepada Allah. Hingga pada suatu hari Hasan menerima tawaran mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Tentu kesempatan ini tidak dilewatkan olehnya. Hasan rajin mencari info dan menyiapkan segala persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Namun sayang, saat pengumuman itu diumumkan ternyata Hasan tidak mendapatkan beasiswa tersebut. Hasan kecewa saat itu, namun dia tidak putus asa dan tetap rajin dalam beribadah serta belajarnya.

Nah sobat cahayaislam, itu tadi sedikit cerita tentang seseorang yang sudah mempunyai rencana namun belum terwujud. Mungkin kita juga pernah mengalami hal yang sama, disaat kita merencanakan sesuatu namun belum juga bisa mewujudkannya sampai saat ini.

Sebagai seorang muslim, kita perlu memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi di langit dan bumi beserta isinya adalah sesuai dengan ketetapan dari Allah.

“tidak sekalipun nafas yang engkau hembuskan, kecuali di dalamnya ada ketentuan Allah yang berlaku atas dirimu.”

Maka dari itu, kali ini tim cahayaislam akan berbagi tips agar hidup lebih tenang dengan memahami ketetapan-ketetapan yang telah digariskan oleh Allah SWT. Langsung saja deh sobat Cahayaislam cek gimana sih cara hidup tenang menurut islam dibawah ini:

Bersyukur Saat Diberi Rezeki

Allah adalah Dzat yang Maha Penyayang. Tentu kita sering sekali mendapatkan rezeki dari Allah. Tapi sudahkah kita bersyukur? padahal dengan kita mau bersyukur kepada Allah, maka rezeki yang kita dapatkan akan ditambah oleh Allah.

“ Barangsiapa yang bersyukur atas pemberianKu Allah, maka akan Aku tambah pemberian tersebut. Dan barang siapa yang lupa bersyukur, maka ingatlah sesungguhnya siksa Allah itu berat”

Oleh sebab itu, sobat cahayaislam jangan sampai lupa bersyukur ya! Supaya rezeki yang kita terima ditambah oleh Allah. Sobat Cahayaislam semua siap hidup tenang bersama Allah dengan cara tidak lupa bersyukur dan terus bersyukur? Harus dong!

Bersabar Saat Mendapat Cobaan

“Apakah kalian menyangka bahwa Allah tidak akan memberi cobaan pada kalian setelah kalian berkata bahwa kalian iman kepada Allah”

Sobat cahayaislam, terkadang di dalam hidup kita tidak semuanya berjalan sesuai rencana. Sehingga tidak jarang kita merasa kecewa, putus asa, dan berburuk sangka. Kita harus bisa sabar ketika mendapat cobaan dari Allah.

“ Maka bersabarlah kamu untuk menerima ketetapan Tuhanmu” (Q.S. Al Insan: 24)

Maka dengan bisa bersabar menerima ketetapan dari Allah tersebut, hidup lebih tenang dan tentu akan ada hikmah dan pahala dibalik semua itu.

“ Dan sungguh akan Kami beri cobaan kepada kalian, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta jiwa dan buah – buahan. Dan berikanlah kabar gembira kepada orang – orang  yang sabar” (Q.S. Al Baqarah: 155)

Bertaubat Saat Salah

“setiap anak adam(manusia) pasti berbuat kesalahan, dan sebaik baiknya orang yang bersalah(berbuat dosa) adalah yang mau bertaubat.”

Sudah menjadi takdir kita sebagai manusia untuk berbuat salah. Tapi itu bukan berarti kita boleh terus – menerus berbuat kesalahan atau dosa. Karena bagaimanapun juga Allah sangat benci terhadap orangorang yang berbuat dosa. Maka saat kita telah melakukan suatu perbuatan yang dibenci Allah dan RasulNya, segeralah bertaubat.

Dengan bertaubat, Allah akan mengampuni kesalahan – kesalahan kita, sehingga hidup lebih tenang. Agar taubat kita bisa diterima oleh Allah tentu ada syaratnya. Yaitu kita harus sungguh – sungguh dalam bertaubat, mengucapkan kalimat taubat kepada Allah, tidak mengulangi kesalahan yang dilakuan, dan banyak berbuat amal sholih.

Itulah sobat cahayaislam tips agar hidup lebih tenang dengan menerima segala ketetapan dari Allah. Semoga kita tergolong menjadi orangorang yang bisa menerima ketetapanNYa. Nantikan beberapa tips hidup bahagia menurut islam yang akan tim Cahayaislam bahas selanjutnya ya! Jangan kelewatan!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!