Adab Islam: Menjadi Wangi Itu Penting Ketika Hendak Salat Berjamaah

0
577

Adab islam – Memiliki kemauan kuat untuk menjaga sholat sembari memakmurkan masjid dengan melaksanakan sholat berjamaah di waktu-waktu sholat tentu merupakan hal yang baik. Dengan menjadi orang yang ahli dan dekat dengan masjid, tentu secara otomatis kehidupan kita akan lebih dekat dengan Allah. Hal ini karena kita akan bisa ingat kepada Allah di sela-sela waktu sibuk kita. Terlebih orang yang suka berjamaah sholat di masjid akan jauh dari label “budak dunia” karena dirinya lebih memprioritaskan dalam menghadap kepada Allah daripada kegiatan lain yang dilakukannya.

Berkaitan dengan semangat dalam melaksanakan sholat berjamaah di dalam masjid. Sobat cahayaislam pernah nggak sih ketika sedang sholat berjamaah dengan khusyuknya, kemudian secara tiba-tiba mencium bau yang tidak enak? Tentu kekhusyukan sholat anda menjadi terganggu dengan hal itu. Ternyata menjaga agar diri harum ketika mengikuti sholat berjamaah adalah suatu hal yang penting dan ditengarai sebagai salah satu adab islam yang perlu diindahkan. Bahkan ada sumber haditsnya lho!

Rasulullah melarang orang yang bau mendekati masjid

Landasan hadits tentang hal ini bisa dilihat dalam satu hadits riwayat Muslim 564 yang termaktub dalam kitab Al Masajid wamawaadii sholah (kitab catatan tentang masjid dan tempat-tempat sholat).

وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ، حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ، عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ، قَالَ أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ مَنْ أَكَلَ مِنْ هَذِهِ الْبَقْلَةِ الثُّومِ – وَقَالَ مَرَّةً مَنْ أَكَلَ الْبَصَلَ وَالثُّومَ وَالْكُرَّاثَ – فَلاَ يَقْرَبَنَّ مَسْجِدَنَا فَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ تَتَأَذَّى مِمَّا يَتَأَذَّى مِنْهُ بَنُو آدَمَ

Dalam hadits tersebut Rasulullah menyebutkan beberapa makanan yang menyebabkan bau tidak sedap. Seperti bawang (merah, putih atau daunnya). Maka hendaklah dia jangan mendekat kepada masjid karena para malaikat dan anak-anak adam (para manusia) akan merasa terganggu karenanya.

Menurut beberapa ulama, meskipun hadits ini ditujukkan kepada mereka yang terkhusus memakan makanan yang menyebabkan bau. Sebenarnya hadits ini memiliki pesan lebih universal yang berisi himbauan bahwasanya seseorang haruslah memiliki aroma wangi ketika bertandang ke masjid. Hal ini karena bisa jadi bau tidak sedap tersebut akan mengganggu ibadah orang lain. Jadi bila kita hendak melakukan sholat berjamaah di masjid, maka kita harus sadari dan teliti terlebih dahulu tentang bau badan kita. Karena ini merupakan salah satu adab islam berkaitan sholat berjamaah yang perlu diperhatikan.

Sholat adalah ibarat bertemu dan berkomunikasi dengan Allah

Sholat diibaratkan sebagai momen dimana kita menghadap kepada Allah dan berkomunikasi dengan-Nya. Banyak para alim ulama mengatakan demikian (إِنَّ الصَّلاَةَ صِلَةٌ وَلِقَآءٌ بَيْنَ الْعَبْدِ وَالرَّبِّ), dan secara universal kita mengakui hal tersebut. Bayangkan saja anda bertemu dengan orang penting. Misalnya saja anda bertemu dengan presiden. Tentu anda akan berpakaian rapi dan wangi agar tampak baik di mata pak Presiden. Apalagi bila kita bertemu dengan Allah dalam sholat? – Bukankah harusnya kita lebih maksimal dalam merapikan diri dan membuat badan kita beraroma wangi?

Nah, kira-kira itulah sedikit ulasan tentang adab islam terkait dengan menjaga bau badan ketika melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Semoga dengan ini kita bisa membiasakan diri agar menjadi orang yang selalu bisa tampil rapi dan harum ketika beribadah sholat berjamaah. Amiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!