7 Golongan Orang Yang Dido’akan Malaikat

0
459

Sahabat cahaya Islam, do’a malaikat adalah do’a mustajab yang langsung diterima oleh Allah Subhana Wa Ta’ala. Disebutkan bahwa malaikat adalah hamba Allah yang dimuliakan oleh Allah, hingga do’a malaikat adalah do’a yang langsung sampai kepada Alah. Tahukah kita, bahwa malaikat bahkan mendo’akan kebaikan untuk hamba Allah (manusia) yang melakukan beberapa amalan. Sangat beruntunglah manusia yang dido’akan oleh malaikat, pastinya dengan syarat bahwa kita selalu melakukan amalan-amalan tersebut agar malaikat ridho mendo’akan kita. Siapa saja 7 golongan orang yang dido’akan malaikat?

7 golongan orang yang dido’akan malaikat

Orang yang Tidur Dalam Keadaan Bersuci

Barang siapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdo’a; Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan karena tidur dalam keadaan suci. (HR. Imam Ibnu Hibban dari Abdullah bin Umar)

Orang yang Sedang Duduk Menunggu Waktu Sholat

Tidaklah salah seorang di antara kalian yang duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendo’akannya; Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia. (HR. Imam Muslim dari Abu Hurairah, Shahih Muslim: 469)

Orang-orang yang Berada di Saf/Barisan Depan di Dalam Sholat Berjamaah

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang orang) yang berada pada shaf-shaf terdepan. (HR. Imam Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah dari Barra bin Azib)

Orang yang Menyambung Saf Sholat Berjamaah

Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat kepada orang-orang yang menyambung shaf-shaf. (HR. Imam Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al Hakim meriwayatkan dari Aisyah)

Mengucapkan Amin ketika Imam Usai Membaca Al-Fatihah

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ سُمَىٍّ، مَوْلَى أَبِي بَكْرٍ عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏”‏ إِذَا قَالَ الإِمَامُ ‏{‏غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ‏}‏ فَقُولُوا آمِينَ‏.‏ فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ الْمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ‏”‏‏.‏ تَابَعَهُ مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرٍو عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم وَنُعَيْمٌ الْمُجْمِرُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضى الله عنه‏.‏

Rasulullah saw. Bersabda, “Katakanlah Amin saat Imam mengatakan ‘Ghairi l-maghdubi` alaihim wala d-daalleen’ (bukan jalan orang-orang yang mendapatkan kemarahan Anda (seperti orang Yahudi) atau orang-orang yang sesat (seperti Kristen)); semua dosa masa lalu dari orang yang perkataannya (dari Amin) bertepatan dengan malaikat, akan dimaafkan.” Shahih Bukhari 782 (shahih)

Orang yang Duduk di Tempat Sholatnya Setelah Melakukan Sholat

Para malaikat akan selalu bershalawat (berdoa) kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat dimana ia melakukan shalat, selama belum batal wudhunya, (para malaikat) berkata; Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia. (HR. Imam Ahmad dari Abu Hurairah, Al-Musnad no.8106)

Orang yang Melakukan Sholat Subuh dan Ashar Secara Berjamaah

Para malaikat berkumpul pada saat shalat shubuh lalu para malaikat (yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal.

Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga shalat ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka. Bagaimana kalian meninggalkan hambaKu?

Mereka menjawab: kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat. (HR. Imam Ahmad dari Abu Hurairah, Al-Musnad no. 9140)

Sahabat cahaya Islam, itulah 7 golongan orang yang dido’akan oleh malaikat. Sebaiknya kita menjaga amalan-amalan tersebut agar malaikat ridho untuk mendo’akan kita. Tidaklah berat amalan tersebut dilakukan bagi seorang hamba yang hatinya selalu mengingat akhirat. Ibarat menabung, seseorang akan dengan semangat menabung untuk membeli sesuatu, begitupun seorang hamba yang ingin mendapat ridho Allah agar bisa masuk ke surganya maka dia menabung amal kebaikan. Perbanyak beramal shaleh agar Allah selalu ridho kepada kita baik di dunia ataupun di akhirat. Semoga Allah selalu memudahkan hati kita dalam kebaikan. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!