5 Keutamaan Surat Yasin yang Luar Biasa bagi Umat Islam

0
985

Surat Yasin adalah surat yang ke 36 di dalam Al-Qur’an. Surat ini termasuk surat Makiyyah yang terdiri dari 83 ayat. Seluruh surat dalam Al-Qur’an sejatinya adalah mulia namun surat Yasin memiliki keutamaan yang lain dari pada yang lain. Itulah kenapa banyak orang Islam yang membaca Yasin setiap malam Jum’at ataupun pada acara-acara tertentu. Lalu, apa sajakah sebenarnya keutamaan surat Yasin? Ada banyak sekali keutamaannya. DI sini, kami akan menjelaskan 5 diantaranya yang kami ambil dari hadis-hadis sohih.

Mendapatkan Ampunan Dosa

Setiap orang Islam ingin masuk surga dan mereka akan masuk surga jika mendapatkan ampunan dari Allah atas segala dosa-dosanya. Salah satu fadhilah surat Yasin adalah anda akan mendapatkan ampunan atas dosa-dosa anda. Ada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh At Thobroni yang menjelaskan bahwa jika anda membaca surat Yasin saat malam hari dan hanya mengharap ridho dari Allah, maka dosa-dosa anda akan diampuni oleh Allah. Tidak ada kekhususan malam apa anda untuk membaca surat Yasin ini. Jadi, perbanyaklah membaca surat Yasin bahkan setiap malam jika memungkinkan. Insya Allah anda akan mendapatkan ampunan dari Allah karena memang inilah salah satu keutamaan surat Yasin.

Rasulullah bersabda:

مَنْ قَرَأَ يس فِيْ لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridooan Allah maka diampuni dosa-dosanya. (HR. At Thobroni/145, 418 dan Al-Bayhaqi)

Ampunan bagi Orang yang telah Meninggal

Kita sebagai orang indonesia dengan keanekaragaman budaya tentu tidak asing lagi dengan tradisi umat Islam yang membaca surat yasin ketika ada orang meninggal di rumah keluarga yang ditinggalkan. Tim Cahayaislam tidak membicarakan tentang bid’ah atau tidaknya hal ini, namun mencoba untuk mengulas dalam posisi netral.

Dalam kebudayaan Indonesia, khususnya Jawa, ada adat yasinan yang biasa dilakukan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal. Selain itu, banyak juga orang yang membaca surat Yasin di kuburan orang yang telah meninggal. Sebenarnya apa keutamaaan surat Yasin terutana bagi orang yang telah meninggal hingga banyak yang membacanya? Banyak orang yang mempercayai bahwa membacakan surat Yasin untuk orang yang telah meninggal membuat ruh orang yang telah meninggal tersebut tenang dan diampuni dosa-dosanya. Maka tak heran jika ada seorang anak membacakan surat Yasin di kuburan orang tuanya yang telah meninggal.

Mendapat Perlindungan dari Allah

Surat Yasin boleh dibaca kapan saja. Namun, kebanyakan umat Islam membacanya pad malam hari karenan memang dianjurkan bagi semua kaum muslimin untuk membaca surat Yasin di malam hari. Lalu apa keutamaan membaca surat Yasin di malam hari? Jika anda mambaca surat yang ada pada akhir jus 22 dan awal 23 ini di saat malam, maka Allah akan melindungi anda hingga pagi hari tiba. Ini merupakan suatu rahasia keutamaan surat Yasin yang harus disebarluaskan ke seluruh umat Islam, terutama kepada keluarga dan sanak saudara.

Mengobati Orang Sakit

Sebagai umat Islam, kita wajib percaya bahwa kesembuhan datang dari Allah. Jadi, ketika ada orang sakit, dia harus berdoa kepada Allah mohon kesembuhan dan berusaha selama tidak mengarah ke hal-hal syirik seperti pergi ke dukun. Salah satu hal yang dianjurkan untuk menyembuhkan orang sakit, terutama yang sakit parah, adalah dengan membacakannya surat Yasin. Ini merupakan salah satu keutamaan surat Yasin yang dapat mengangkat penyakit yang ada pada seseorang.

Menghilangkan Kesedihan

Ketika anda sedang mengalami musibah, bacalah surat Yasin. Atas izin Allah, maka kesedihan anda akan segera dihapuskan oleh Allah. Ini merupakan salah satu keutamaan surat Yasin yang perlu anda ketahui. Anda bisa membuktikannya sendiri. Tapi tentu saja tidak ada seorangpun yang ingin bersedih. Jadi, bacalah surat yasin baik dalam keadaan sedih ataupun senang, susah ataupun mudah. Maka Allah akan memberikan rahmatnya yang tak terbatas.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!