3 Tipe Perbuatan Dzalim yang Harus Kita Hindari (Bagian 3)

0
421

Jauhilah perbuatan dzalim, karena itu merupakan sebuah kegelapan yang akan menyelimuti kalian di akhirat kelak. Itu adalah satu nasihat dari Rasulullah tentang buruknya kedzaliman yang tertera dalam hadits Bukhari 2447 dalam bab Qisashil Madzholimi (balasan orang-orang yang menganiaya).

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ يُونُسَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ الْمَاجِشُونُ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ دِينَارٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ ـ رضى الله عنهما ـ عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ “‏ الظُّلْمُ ظُلُمَاتٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Dalam hadits tersebut sudah sangat jelas dinasihatkan oleh Rasulullah bahwa perilaku dzolim sangatlah buruk dan berbahaya. Dalam dua artikel tim cahayaislam dengan judul serupa sebelumnya kami telah menyematkan dua tipe perilaku dzalim yang perlu kita hindari (part 1 & Part 2). Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas lebih lanjut tentang perbuatan dzalim tipe ketiga. Bagaimana tipe dzalim yang nomor 3? Langsung kita bahas bareng-bareng yuk!

Dzolimu Linafsihi (Mendzalimi Diri Sendiri)

Beberapa alim ulama menjelaskan bahwa tipe perbuatan zalim yang ketiga adalah dzalim pada diri sendiri. Tindakan zalim atas diri sendiri merupakan tindakan buruk yang bisa mengarahkan diri orang tersebut kepada pedihnya api neraka. Perilaku Dzolimu linafsihi ini bisa dilihat dari mereka orang-orang yang sering melakukan maksiyat. Mereka orang yang sering melakukan dosa tanpa pernah ada i’tikad untuk bertaubat.

Allah dan Rasulullah telah melarang kita untuk meminum Khamr. Namun di zaman modern sekarang ini, khamr seolah menjadi gaya hidup. Padahal bila ditelisik lebih dalam, hal-hal tersebut bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Merokok juga bisa disebut tindakan menganiaya diri sendiri, karena pada dasarnya ada banyak kandungan zat berbahaya di dalam rokok, namun tetap saja dihisap. Melakukan bunuh diri juga termasuk tindakan mendzalimi diri sendiri, dan bahkan orang yang membunuh dirinya sendiri diancam disiksa di neraka kelak.

Dzalimu linafsih adalah golongan orang islam yang paling rendah

Dalam artikel tim cahayaislam yang lain dengan judul 3 golongan orang islam. Kami menjelaskan dalam kutipan surat Al Fathir ayat 32 bahwasanya ada 3 golongan orang islam. Ada Muqtasid, ada Sabiqun bil Khairat dan yang terakhir ada golonga Dzalimu linafsih. Golongan Dzalimulinafsih inilah yang merupakan golongan terendah. Yakni mereka orang-orang yang menukarkan akhirat mereka dengan dunia. Mereka mengedepankan hawa nafsu mereka diatas Allah dan Rasul. Mereka orang-orang yang tidak peduli pada halal dan haram, baik ataupun buruk. Mereka adalah orang-orang yang mengaku diri mereka adalah pemeluk islam namun mereka tidak mengerti sama sekali tentang islam.

Nah, itulah tipe perilaku zalim nomor 3 yang harus kita hindari. Alangkah baik bila kita sebagai orang iman dan beramal sholih bisa menjauhkan diri sejauh-jauhnya dari perbuatan zalim. Tak lain dan tak bukan agar Allah mencintai kita dan kita termasuk orang-orang yang dimudahkan jalannya menuju surga kelak. Amiin. Semoga bermanfaat ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!