3 Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Ta’aruf! (Tips Ta’aruf)

0
1437

Tim Cahayaislam menyadari bahwasanya banyak dari sobat pembaca Cahayaislam tidak hanya dari mereka yang sudah berkeluarga, namun ada juga mereka yang telah memasuki masa siap nikah. Tak jemu-jemu kami menghadirkan beberapa tips dan trik seputar hukum dan kehidupan sehari-hari dalam rengkuhan islam. Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk anda yang sedang dirundung galau untuk menuju jenjang kehidupan yang baru dalam berumah tangga. Yang pasti, pacaran bukanlah jalan yang diridhoi oleh Allah, bahkan melanggar beberapa larangan Allah, termasuk hukum muhrim. Dalam islam, kita mengenal satu jalan: Ta’aruf.

Ta’aruf artinya adalah merupakan prasarana objektif  dalam islam yang pada dasarnya dilakukan untuk melakukan perkenalan, atau bahasa gaulnya PDKT ala islam. Tidak seperti pacaran, ta’aruf memang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk mereka yang sedang mencari pasangan untuk menuju pelaminan. Tentunya ta’aruf sendiri memiliki banyak sekali boundary atau batas-batas dan ketentuan yang perlu dita’ati oleh kedua belah pihak (insha Allah akan kami bahas dikesempatan lain). Bagi sobat Cahayaislam yang ingin tahu perihal ta’aruf, tim Cahayaislam sudah merangkum 3 hal yang perlu dilakukan dan sebagai pedoman tips ta’aruf. Cek deh!

Meluruskan Niyat agar mendapatkan Ridho dan Berkah dari Allah

Nah, tim Cahayaislam tidak akan mengulas apa saja yang perlu dipakai ketika ta’aruf, tips-tips ta’aruf sukses disini. Namun kita lebih menitik beratkan pada hal krusial yang penting disamping hal-hal adisional yang disebutkan tadi. Yang paling utama yang harus dilakukan bila sobat Cahayaislam ingin melaksanakan ta’aruf adalah meluruskan niyat. Seperti yang telah kami ulas dalam artikel tentang menjaga niyat, anda harus menjaga niyat anda dengan baik, karena segala hal yang kita lakukan tergantung niyat kita.

Niyat terbaik untuk memulai ta’aruf adalah niyat mencari surgaNya Allah. Ucapkan basmallah dengan niyat yang ridho untuk mencari ridho Allah, dan percaya bahwa dengan melakukan hal ini, anda bisa menyempurnakan Agama, membawa kedamaian dalam beribadah, serta membuat hidup dalam iman anda lebih terjaga. Dengan niyat yang baik, insha Allah, Allah akan memberikan outcome yang lebih baik dan berbarokah pula.

Bersilaturahmi kepada keluarga Kedua belah Pihak

Seperti yang telah kami katakan dalam definisi ta’aruf itu sendiri yang berarti pengenalan, maka silaturahmi adalah hal yang harus dilakukan ketika melakukan ta’aruf. Penentuan jadwal silaturahmi perlu dilakukan dan disepakati dari kedua belah pihak. Tidak hanya untuk berakrab-akrab dengan calon yang disunting beserta keluarganya, namun juga silaturahmi dilakukan untuk menggali banyak hal satu sama lain. Hal-hal yang perlu digali ketika proses silaturahmi sedang berlangsung adalah bagaimana kehidupan beragama dan keimanan sang mempelai, kepribadian, visi dan misi dalam berumah tangga kedepannnya, kultur keluarga dan banyak lagi. Lakukan tips ta’aruf ini untuk mendapatkan informasi selengkap mungkin.

Dalam proses silaturahmi ini, baiknya anda mengajak kedua orang tua atau perwakilan dari orang yang dianggap cocok, mungkin bisa dari ulama setempat dan ustadz yang bersedia melancarkan. Dalam beberapa ormas islam seperti Muhammadiyah, LDII, NU dan lainnya bahkan di dalam ormas tersebut sudah dibentuk sebuah tim khusus untuk mengurusi hal-hal seperti ini. Dalam LDII misalnya, ada tim perkawinan yang akan membantu anggotanya dalam proses ta’aruf sampai pernikahan selesai. Sobat Cahayaislam bisa juga meminta bantuan kepada para tim ormas islam sobat sebagai tips ta’aruf yang efektif, karena mereka yang ditunjuk sebagai tim ta’aruf biasanya berpengalaman.

Memantapkan Keputusan dengan Sholat Istikharoh

Hal ketiga dari ketiga tips ta’aruf yang perlu dilakukan bila sobat Cahayaislam sedang melakukan ta’aruf adalah tidak lupa mendekatkan diri kepada Allah serta meminta petunjukNya. Caranya adalah dengan melaksanakan shalat Istikharoh dengan khidmat dan khusyu. Pinta kepada Allah dan tanyakan pertanda, apakah calon yang akan sobat Cahayaislam nikahi adalah jawaban terbaik untuk anda. Jika Allah berkehendak sebaliknya, maka sobat perlu mengikhlaskan dan pasrah akan hasilnya kepada sang khalik, dan berusaha lagi. Bila pertanda yang diberikan Allah lebih kepada jawaban ya, maka segerakan dan lanjutkan ketahap selanjutnya dengan menentukan tanggal waktu khitbah.

Nah, sekiranya itu dulu tips ta’aruf yang bisa tim Cahayaislam ulas mengenai ta’aruf pada kesempatan kali ini. Insha Allah akan ada pembahasan-pembahasan lainnya yang berhubungan dengan ta’aruf yang pastinya akan menjadi angin segar untuk para sobat Cahayaislam yang sudah masuk dalam usia menikah. Semoga bisa bermanfaat untuk melancarkan keputusan sobat Cahayaislam semuanya untuk membangun keluarga yang sakinah mawadah wa rahmah. Amiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!