Agar Mereka Memiliki Akhlak yang Baik, 2 Hal ini Perlu Anda Jauhkan dari Anak-anak Anda!

0
463

Akhlak yang baik – Hidup dizaman yang penuh dengan fitnah dan peliknya tantangan-tantangan keimanan memang selalu menjadikan hati orang tua menjadi serba gelisah. Terutama gelisah yang menyangkut buah hati kita. Sehari-hari kita terus mendengar banyak berita muncul di banyak media yang terdengar semakin memprihatinkan hari demi hari. Berita kekerasan anak, berita pendidikan anak, berita semakin merosotnya akhlak dan moral generasi kita dan masih banyak lagi. Hal-hal itu membuat kita sebagai orang tua selalu kewalahan dalam membendungnya. Namun, jangan khawatir sobat orang tua Cahayaislam, kami akan memberikan ulasan mengenai dua hal yang perlu anda jauhkan dari anak-anak anda agar mereka memiliki akhlak yang baik.

Televisi, terkhusus acara-acara yang tidak mendidik

Benda kotak yang ada dirumah-rumah ini merupakan senjata terbaru syetan untuk menjerumuskan anak-anak kita. Tentu saja banyak dari sobat Cahayaislam disini akan berontak dan berkata bahwa Televisi juga memiliki banyak hal positif yang bisa digunakan dalam mendidik anak. Tentu saja benar (itulah kenapa kami beri embel-embel terkhusus acara yang tidak mendidik disini).

Banyak acara-acara yang tidak mendidik dan sama sekali tidak memberikan faidah yang bisa (bahkan) kita sebagai orang yang lebih dewasa ambil, apalagi untuk anak-anak kita. Hindarkan mereka dan beri pengertian kepada mereka untuk tidak menonton sinetron-sinetron, atau acara yang berbau kekerasan yang bisa meracuni pikiran mereka. Anda sebagai orang tua lebih tahu seberapa porsi yang baik untuk tontonan televisi anak-anak anda pastinya.

Handphone, dengan fitur yang tidak diperlukan oleh anak

Handphone, tentu saja memiliki banyak manfaat. Selain sebagai alat komunikasi, sekarang handphone berfungsi sebagai sumber berita yang cukup baik. Namun, banyak pula negatifnya untuk anak-anak tentu saja. Kemudahan mengakses situs-situs yang tidak cocok untuk mereka contohnya, atau berita-berita yang kurang etis bagi buah hati kita, bisa menjadikan jalan berbelok untuk mereka dari akhlak yang baik. Alangkah lebih baik bila sebagai orang tua, kita membelikan handphone sesuai kebutuhan mereka saja. Mereka anak-anak belum butuh handphone canggih untuk membuat video atau membeli barang secara online.

Cukup beri mereka handphone yang bisa memenuhi komunikasi anda dengan mereka. Adapun kebutuhan yang lain, bisa disesuaikan. Yang pasti kita harus selalu awasi porsi penggunaan handphone oleh anak-anak kita. Karena penggunaan yang terlalu berlebihan juga tidak baik, karena membuang-buang waktu dan tidak baik untuk kesehatan pula.

Nah, kira-kira itulah dua hal yang perlu anda jauhkan dari anak-anak anda untuk memupuk akhlak yang baik mereka sejak dini. Anda bisa sedikit demi sedikit mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari anda. Terutama dimulai dari anda sebagai orang tua terlebih dahulu. Anda tidak bisa langsung stop dan menjauhkan ketiga hal tersebut dengan instant pastinya. Perlu proses yang panjang dan pembiasaan yang konsisten. Anda bisa mulai dengan meminimalisir hal-hal tersebut dan memberikan pengawasan ekstra untuk itu. Semoga Allah memberikan selalu rahmat dan ridhonya untuk kita orang tua yang selalu berusaha mendidik anak-anak kita dijalan Allah. Amiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!